Sukses

5 Tanda Anda Kekurangan Protein

Liputan6.com, New York- Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan sel-sel tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Sehingga kehadiran protein dalam tubuh amat diperlukan. Sayangnya banyak orang tidak mengetahui bila kekurangan protein.

Sebenarnya saat kekurangan protein, tubuh memperlihatkan tanda-tanda. Namun seringkali tidak disadari. Nah berikut lima tanda Anda kekurangan protein seperti dipaparkan ahli nutrisi yang juga penulis The Flexitarian Diet, Dawn Jackson Blatner, dikutip laman Women's Health, Kamis (28/7/2016).

1. Ngidam makan yang manis-manis
Salah satu tanda pertama orang kekurangan protein yakni keinginan untuk mengonsumsi makanan manis. Hal ini terjadi karena salah satu fungsi protein adalah menjaga gula darah tetap stabil.

2. Sulit fokus
Gula darah yang stabil penting untuk menjaga tubuh tetap fokus. Sehingga bila yang Anda konsumsi hanya karbohidrat dan minim protein hal ini hanya membuat ledakan energi sesaat sehingga gula darah cepat menukik menurun kembali. 

3. Rambut rontok
Protein penting dalam membangun sel-sel tubuh termasuk folikel rambut. "Jika folikel rambut kuat, rambut akan tetap kuat juga di akar rambut," Blatner

4. Tubuh terasa lemah
Kita semua tahu protein dibutuhkan untuk membangun otot. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan protein, otot akan menyusut dari waktu ke waktu seperti diungkapkan Blatener. Sehingga saat melakukan olahraga beban Anda merasa lemah.

5. Sering jatuh sakit
"Protein dibutuhkan untuk membangun senyawa dalam sistem kekebalan tubuh kita," kata Blatner.
Karenanya, ketika Anda lebih mudah pilek atau sakit bisa jadi hal ini disebabkan karena kekurangan protein.

 

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman