Sukses

Lakukan Ini untuk Cegah Penuaan

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang akan mengalami proses penuaan. Kulit yang tadinya kencang perlahan akan kendur. Namun, kita dapat mencegah proses penuaan dengan menghindari faktor risikonya.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit (RS) Pondok Indah-Puri Indah, dr Susie Rendra, SpKK mengatakan, ada dua faktor yang berkaitan dengan proses penuaan. Intrinsik (alami dan tidak bisa dicegah) dan ekstrinsik (terjadi karena kelalaian manusia itu sendiri atau umum disebut dengan penuaan dini).

"Intrinsik itu siapa pun tidak dapat mencegahnya. Kalau ekstrinsik tentunya bisa, karena kita dapat mencegah stres, berhenti minum alkohol, dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung," kata Susi di acara "Tampil Lebih Segar Menyambut Hari Raya dengan SCT System dan Teknologi Laser" di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Di kalangan dokter tulang, manusia dianjurkan untuk sering-sering terpapar sinar matahari karena berefek menguatkan tulang. Namun, dari sisi kesehatan kulit, paparan matahari langsung justru membuat kita cepat tua.

"Saya di sini bicara mengenai kulit, bukan tulang. Sinar matahari itu salah satu yang harus kita hindari banget," kata Susie.

Selain itu makanan manis merupakan faktor dari penuaan yang dapat kita cegah. "Mereka yang tinggi gula juga cepat menua. Mereka yang hobi makan manis, penuaan akan lebih terlihat," tandas Susie.