Sukses

Obesitas pada Wanita di Negara Ini Kian Melonjak

Liputan6.com, Jakarta Tingkat obesitas yang terjadi di dunia semakin meningkat setiap tahunnya. Data statistik terbaru dari pemerintahan Amerika menunjukkan 4 dari 10 wanita di New York menderita obesitas yang semakin mengkhawatirkan.

Mengutip laman ABC7.com, Minggu (12/06/2016) tingkat obesitas pada wanita dan juga pria di Amerika selama satu dekade ini tak pernah mengalami perubahan. Berdasarkan survei yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC)--dilaporkan secara online dalam Journal of the American Medical Association-- beberapa tahun terakhir jumlah obesitas pada wanita kian melonjak hingga 40 persen dibandingkan pria.

Dana Hunnes, seorang ahli diet khusus pasien obesitas di Ronald Reagan UCLA Medical Center, Los Angeles, mengatakan, "Angka ini benar-benar cukup mengkhawatirkan--sebab angka yang semakin meningkat pun menjadi tugas sekaligus dorongan pemerintah untuk melakukan tindakan penurunan berat badan serta makanan yang sehat." 

Menurut Hunnes tak ada alasan tepat mengapa peningkatan obesitas hanya terjadi pada wanita. Namun ia mengatakan obesitas tidak hanya sebatas kelebihan berat badan, melainkan masalah kelebihan berat badan yang mampu memicu masalah kesehatan lain seperti jantung dan diabetes.

Penelitian CDC pun menemukan fakta lain; sekitar 38 persen penderita obesitas ialah orang dewasa dan hanya 17 persen anak-anak yang mengalami obesitas; tingkat obesitas meningkat pada remaja sejak tahun 1988 dan sekarang menunjukkan 21 persen peningkatan; dan terakhir penderita obesitas pada anak umumnya berusia 6 hingga 11 tahun.

Loading