Sukses

Serunya Healthy Talkshow Bareng 3 Pakar Kesehatan

Untuk mengedukasi masyarakat mengenai diet yang tepat, klinik Lighthouse bersama dengan Liputan6.com, membahas mengenai berat badan

Liputan6.com, Jakarta Semua orang memiliki masalah yang berbeda-beda dalam menjaga berat badannya. Untuk itu, penanganannya pun berbeda pula.

Untuk mengedukasi masyarakat mengenai diet yang tepat, klinik LightHOUSE bersama dengan Liputan6.com, membahas mengenai banyak hal seputar berat badan dalam acara Healthy Talkshow "Pentingnya Terapi Komprehensif untuk Menangani Obesitas" yang berlangsung di SCTV Tower, Selasa (24/5/2016).

Ada tiga pakar kesehatan yang turut hadir sebagai pembicara seperti dokter pemerhati gaya hidup, dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt., Psikolog Tara de Thouars, B. A, M. Psi serta pakar olahraga dr. Sophia Hage, SpKO.

healthy talkshow

Dalam pembahasannya, ketiga pembicara mengungkapkan cara menjaga kesehatan secara menyeluruh, mulai dari menyelesaikan akar masalah obesitas hingga bagaimana treatment yang tepat.

Seperti disampaikan dr Grace, ada banyak hal yang membuat berat badan seseorang naik-turun, bisa karena ada ketidakseimbangan neurotransmitter dalam otak, mutasi gen, faktor protein dalam tubuh atau hormon.

"Dalam program penurunan berat badan butuh treatment yang komperhensif yang disesuaikan dengan kondisi pasien. Dengan demikian efek samping bisa ditekan dan terapi jadi lebih efektif," katanya.

Di sisi lain, Psikolog Tara lebih menekankan mengenai kontrol diri dalam menjalani pola hidup sehat, "Ketika kita bicara mengenai perilaku makan, maka kontrol diri pengaruhnya besar. Kalau misalnya godaan banyak, mampu enggak kita mengendalikan diri."

Menurut Tara, sebenarnya semua orang sudah mengetahui mana yang sehat dan bagaimana cara menurunkan berat badan, hanya saja kadang kontrol diri yang lemah membuat kita sulit menerapkannya sehingga butuh monitoring.

healthy talkshow

Tak ketinggalan, dr Sophia Hage mengingatkan kita akan kondisi sedentary atau kebiasaan seseorang yang kurang gerak. Dia menuturkan kebiasaan duduk selama 8-11 jam sehari bisa mengancam jiwa karena akan memengaruhi kesehatan. Hal ini bahkan telah diteliti oleh para ilmuwan dunia.

"Tidak cukup dengan ke gym atau olahraga yang hanya sekali-kali, karena yang lebih penting memiliki gaya hidup aktif, dibandingkan melakukan olahraga yang tidak rutin.

healthy talkshow

Serunya lagi, Sophia mengajak para blogger dan wartawan untuk bergerak aktif dengan gerakan menyenangkan. Meski gerakannya sedikit, kata dia, yang terpenting tidak duduk sehingga hal ini akan memengaruhi kesehatan.

healthy talkshow

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini