Sukses

4 Cangkir Kopi Sehari Cegah Diabetes?

Benarkah meminum tiga hingga empat cangkir kopi sehari cegah terjadinya diabetes?

Liputan6.com, Jakarta Pada peringatan Hari Diabetes Dunia 2014, the Institute for Scientific Information on Coffee di Swiss, menerbitkan satu laporan tahunan terkait diabetes, serta mengumpulkan sejumlah penelitian yang menyoroti manfaat kafein bagi kesehatan.

Salah satu penelitian menyebutkan, minum tiga hingga empat cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko diabetes, bila dibandingkan mereka yang minum kopi kurang dari tiga gelas sehari.

Selain itu ditemukan juga waktu yang pas untuk minum secangkir kopi tanpa kafein yang disaring terlebih dahulu, yaitu saat makan siang.

Sebab, dalam penelitian yang melibatkan hampir 70.000 wanita di Prancis yang gemar minum secangkir kopi saat jam makan siang, diketahui terhindar dari diabetes.

Bahkan, jenis kopi memiliki pengaruh besar terhadap diabetes. Kopi yang disaring dan tanpa kafein menunjukan perlindungan yang lebih besar, daripada yang direbus.

Tidak hanya diabetes, kemungkinan untuk mengidap kanker, penyakit jantung, hipertensi, dan stroke sangat kecil bila rutin mengonsumsi kafein.

"Kopi dapat memengaruhi sensitivitas insulin dalam tubuh. Dalam satu studi, laki-laki di Jepang dianjurkan meminum beberapa cangkir kopi tanpa pemanis, dapat melindungi mereka terhadap resistensi insulin pada individu dengan berat badan normal," kata para peneliti seperti dikutip Daily Mail, Jumat (14/11/2014)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini