Sukses

Cegah Kanker Payudara dengan 5 Makanan Berikut

Liputan6.com, New York Untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara seseorang disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, salah satunya dengan makan-makanan sehat. Lalu, adakah makanan yang berperan besar menurunkan risiko kanker payudara?

Menurut ahli nutrisi Nicolette Pace menyatakan bahwa tidak cukup hanya berbicara makanan sehat, namun apa makanan sehat untuk turunkan risiko kanker payudara.

Ini dia lima makanan dan atau minuman yang disarankan untuk rutin dikonsumsi demi turunkan risiko terkena kanker payudara seperti dikutip dari laman NY Daily News, Minggu (5/10/2014).

2 dari 3 halaman

Teh hijau

1. Teh Hijau
Teh ini mengandung katekin  yang dapat mengusir penyakit pada tubuh. Salah satunya adalah kandungan EGCC yang membantu menghentikan kerja sel-sel tumor.

2. Kedelai
Perempuan takut untuk mengonsumsi kedelai karena takut mendorong hormon estrogen bekerja yang malah dapat mendorong pertumbuhan kanker. Pace mengatakan bahwa kedelai lebih kemoprotektif.

Menurut Pace, bagi orang yang telah terdapat sel-sel kanker payudara bisa kedelai memanga tak disarankan tapi pada wanita dengan sel normal sangat penting untuk mengonsumsi makanan kaya kedelai seperti tempe atau tahun.

"Kedelai secara umum memiliki banyak zat pelindung kanker di dalamnya, sehingga jangan dihindari dan konsumsi kedelai secara utuh bukan hasil ilahan," teranng Pace.

3 dari 3 halaman

Buah dan Sayur

3. Biji rami
Nama biji-bijian yang satu ini tak banyak dikenal meski telah banyak digunakan sebagai capuran dalam biskuit. dan tak sedikit pula yang tahu manfaat besar si biji berukuran kecil ini.

Biji rami mampu mencegah pertumbuhan sel kanker karena asam lemak Omega-3 di dalamnya akan mengusir sel jahat yang mendekati sel sehat di dalam tubuh. Selain itu, tanaman serat yang satu ini menurut Pace terbukti mengurangi kadar estrogen.

4. Buah dan sayuran
Semua buah dan sayur mengandung banyak kandungan yang diantaranya sebagai pelawan kanker. Saat mengonsumsi banyak buah dan sayur artinya kekuatan besar senyawa pelawan kanker bersatu.

5. Probiotik
Probiotik menjaga kesehatan pencernaan Anda, yang telah terbukti untuk membantu menjaga berat badan yang merupakan salah satu faktor untuk turunkan risiko kanker payudara.

Anda bisa mendapatkan kandungan probiotik dari makanan yang telah difermentasi tak hanya yoghurt, tapi bisa juga kefir, kimchi, kombucha.