Sukses

30.625 Jemaah Haji Sudah Mendarat di Tanah Air

Liputan6.com, Jeddah - Sebanyak 30.625 jemaah haji dari 75 kelompok terbang (kloter) sudah tiba di Indonesia. Adapun total jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Air mencapai 34.260 dari 84 kloter.

Demikian mengutip Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag), Kamis (22/8/2019).

Jemaah haji yang kembali merupakan gelombang pertama tiba di Tanah Suci. Kepulangan jemaah dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Sementara jemaah haji Indonesia gelombang kedua sudah mulai meninggalkan Makkah dan diberangkatkan ke Madinah untuk kembali melanjutkan ibadah.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali, kemarin menjelaskan jemaah haji selama 8 hari atau selama 40 waktu salat akan menunaikan salat berjamaah dalam ibadah Arbain.

Kemudian berziarah ke tempat-tempat bersejarah, termasuk ziarah ke Makam Rasulullah.

Menurut Nizar, pihaknya menyediakan tiga fasilitas utama untuk jemaah haji saat kepindahan dari Makkah ke Madinah, yaitu naqobah atau transportasi yang mengangkut jemaah dari pondokannya di Makkah menuju Madinah.

"Kemudian layanan akomodasi, mereka ditempatkan di hotel-hotel standar bintang 3 dan alhamdulillah tahun ini banyak di atas ekspektasi SPM (Standar Pelayanan Minimal) artinya ada yang bintang 4 ada yang bintang 5 sekalipun," papar Nizar.

Hotel mereka di Madinah pun, lanjut dia, dari sisi jarak berada di lingkup yang dekat dengan Masjid Nabawi.

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Fakta Operasional Haji Daerah Kerja Madinah dalam Angka
Artikel Selanjutnya
Hukum, Niat, dan Tata Cara Melaksanakan Puasa Senin Kamis