Sukses

Bisa Pergi Haji, Jangan Lupa Baca Doa Agar Selalu Jadi Orang yang Bersyukur

Liputan6.com, Jakarta - Melaksanakan perjalanan haji merupakan impian dari setiap muslim. Oleh karena itu, merupakan suatu berkah jika seorang umat Islam dapat melaksanakan ibadah Rukun Islam kelima itersebut.

Setiap manusia diajarkan untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah SWT berikan kepadanya.

Selaras dengan mendapatkan perjalanan ke Tanah Suci, jemaah calon haji juga harus banyak bersyukur karena dapat menjadi orang terpilih mendapatkan berkah yang tidak ternilai.

Hal tersebut dikarenakan banyak dari umat muslim di belahan dunia yang menginginkan perjalanan haji ini namun belum mampu atau belum diberi kesempatan.

Dilansir dari buku Sifat Haji & Umrah Nabi Muhammad karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, terdapat doa untuk selalu mensyukuri nikmat Allah SWT yang tertulis di dalam Alquran yaitu surat An Naml ayat 19:

 

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī 'ibādikaṣ-ṣāliḥīn

Artinya :

"Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

2 dari 3 halaman

Doa Pandai Bersyukur

Dilansir melalui buku yang sama, selain doa mensyukuri nikmat, jemaah calon haji juga harus berdoa agar selalu menjadi orang pandai bersyukur.

Doa agar selalu bersyukur juga menjadi doa supaya calon haji dapat berbuat amal sehingga mendapatkan haji mabrur. Doa itu ada dalam Alquran surat Al Ahqaf ayat 15:

 

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn

Artinya :

"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."

 

Reporter : Nabila Bilqis

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menag Lukman Bakal Tingkatkan 2 Pelayanan Ini di Musim Haji Tahun Depan
Artikel Selanjutnya
Indeks Kepuasan Haji 2019 Naik, Menag Ucap Syukur