Sukses

Menag Lukman Minta Daya Tampung Mina Ditambah

Liputan6.com, Makkah - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, seberapapun tambahan kuota haji Indonesia jika tidak diimbangi dengan peningkatan ruang di Mina, maka akan membahayakan keselamatan jiwa jemaah.

"Penambahan kuota itu menuntut konsekuensi adanya penambahan daya tampung Mina," katanya di Makkah, seperti dilansir Antara, Selasa (14/8/2018).

Lukman yang merupakan Amirul Hajj Indonesia menyebutkan, penambahan kuota haji harus secara menyeluruh untuk memperhatikan aspek lainnya.

Menurut dia, menambah kuota jemaah haji jika tidak diimbangi dengan infrastruktur yang cukup berpotensi menjadi tragedi kemanusiaan yang luar biasa.

Fasilitas saat ini saja, kata Lukman, tergolong berjubel sehingga mengurangi kenyamanan jemaah saat bermalam di Mina yang tempatnya tergolong tidak memadai untuk jumlah jemaah saat ini.

"Karena bisa kita rasakan tahun lalu jemaah haji kita itu menumpuk di tenda-tenda mereka karena keterbatasan space itu," kata Lukman.

Dia mengatakan, Mina merupakan titik krusial dari penyelenggaraan haji sementara kawasan itu tidak bisa diperlebar wilayahnya selain ke atas.

"Secara syariah yang sangat mengikat, ketentuan berada di Mina dalam rangkaian ibadah haji tidak bisa berada di luar wilayah itu," terang Lukman.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Kapasitas Dahulu

Untuk itu, Lukman meminta ada penambahan kapasitas jemaah calon haji terlebih dahulu, baru bicara soal penambahan kuota jemaah haji Indonesia.

Maka, dia berharap agar ada penambahan fasilitas dan kapasitas di Mina dalam waktu dekat.

"Di Mina daya tampung satu-satunya harus ke atas, perlu juga penambahan tenda dan toilet-toilet, agar ada jalan bertingkat di Mina untuk jumlah jamaah yang lebih besar," tegas Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.