Sukses

Selandia Baru Gempa 6,3 SR, `Elang Raksasa` Jatuh dari Atap

Gempa berkekuatan 6.3 skala Richter mengguncang North Island di Selandia Baru. Gempa yang tepat terjadi di 38 km arah utara di timur laut Kota Masterton --dekat ujung selatan North Island-- terjadi sekitar pukul 13.50 waktu setempat.

Dikutip Liputan6.com dari News.com.au, Senin (20/1/2014), gempa itu berpusat di 15 km timur dari Eketahuna, sekitar 40 kilometer utara dari Masterton.

"Pada kedalaman 33 km," demikian menurut data dari GNS Science.

Tidak ada laporan dari kerusakan besar atau korban cedera akibat gempa tersebut. Namun getarannya sempat membuat pasokan listrik di kota Eketahuna terputus sesaat. Sementara kerusakan properti terjadi di antara Wellington dan Manawatu.

Guncangan gempa di Wellington juga membuat 'elang raksasa' jatuh dari atap. Braaak...! 'Elang' yang dipajang sebagai properti promosi film Lord of the Rings itu pun jatuh terhempas ke lantai.

Banyak orang tak menyangka bahwa 'elang' rancangan Weta Workshop seberat 2 ton dan dengan lebar sayap 15 meter itu bisa jatuh. Padahal si 'elang' tergantung di atap sebuah ruangan menggunakan kabel baja.

Akibat terputusnya aliran listrik sekitar 15 menit, pemilik pom bensin Eketahuna Lisa Seator terkena imbasnya.

"Microwave jath ke lantai dan kami memiliki lemari es terbalik. Kami juga telah menerima laporan tentang kebakaran di gardu listrik, yang mungkin menjadi penyebabnya," ujar Lisa.

Lisa mengatakan, halaman depan tokonya di pom bensin itu penuh sesak dengan orang-orang yang datang untuk mendapatkan kebutuhannya.

Gempa itu dirasakan secara luas di Wellington dan Palmerston North. Yang juga mengakibatkan Tranz Metro dan  semua layanan kereta api di Wellington dihentikan, bahkan ada laporan dari pembeli yang dievakuasi dari Queensgate Mall di Lower Hutt.

Setelah gempa 6,3 SR itu, setidaknya 5 gempa susulan terjadi di North Island. Salah satu yang tertinggi bekekuatan 4,3 SR.

Tak ada komentar dari Layanan darurat, mereka mengaaku sedang sibuk melayani warga.

Pengatur pertahanan kawasan Wellington, Bruce Pepperell mengatakan selain 'elang' jatuh di bandara dirinya tak mendapati ada laporan kerusakan besar lainnya.

"Ada kerusakan sedikit di Palmerston North dan Hawke Bay di bagian cerobong asap dan sejenisnya. Selain telah ditangani dengan baik, tak ada lagi yang sejauh ini aku tahu ada kerusakan di selatan Eketahuna," ungkap Bruce. (Tnt/Mut)

Baca juga:

Misteri Mengapa Burung Terbang Membentuk Formasi `V` Terkuak
Imbas Erupsi Gunung Sinabung di Pertanian Mencapai Rp 712 Miliar
Misteri Evolusi Terkuak dari Ikan Aneh `Nenek Moyang` Manusia

Beruang Sirkus Dilecehkan, Warga Unjuk Rasa

Tutup Video