Sukses

1 WNI di Korea Selatan Tewas Usai Terlibat Perkelahian dengan Sesama Warga Indonesia

Kemlu RI mengimbau WNI untuk tidak terlibat dengan segala bentuk perkelahian atau konflik.

Liputan6.com, Jakarta - Perkelahian antara sesama Warga Negara Indonesia (WNI) di Dalseo-gu, Kota Daegu, Korea Selatan (Korsel), mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya terluka.

"Perkelahian itu menyebabkan satu WNI meninggal dunia dan empat WNI luka-luka," ungkap Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) Judha Nugraha melalui pesan singkat pada Selasa (30/4/2024), seperti dikutip Antara.

Pasca insiden, KBRI Seoul juga telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat, tokoh masyarakat atau perkumpulan WNI, serta Forum Komunikasi Organisasi-organisasi Massa (Fokomasi) guna menenangkan situasi.

Kepolisian Korsel, sebut Judha, telah menahan satu WNI terduga pelaku penusukan.

"Hingga saat ini penyelidikan masih terus dilakukan polisi setempat. Belum diketahui dengan jelas penyebab perkelahian," sambung Judha.

Lebih jauh, Kemlu RI dan KBRI Seoul juga mengimbau para WNI di Korea Selatan, terutama kelompok yang terlibat perselisihan, demi menghentikan konflik dan menciptakan suasana tenang serta kondusif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini