Sukses

Punya Nilai Pasar Rp 20,8 Miliar, Maarten Paes Pernah Bikin Lionel Messi Frustrasi

Maarten Paes, kiper berusia 25 tahun ini siap untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Ternyata Paes pernah membuat Lionel Messi frustrasi atas kemampuannya.

Liputan6.com, Jakarta Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah dilantik oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta pada tanggal 30 April 2024. Maarten Paes, kiper berusia 25 tahun ini siap untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Maarten Paes dibesarkan di Nijmegen, Belanda, pada tanggal 14 Mei 1998. Keturunan Indonesia Maarten Paes berasal dari neneknya yang lahir di Pare, yang sekarang berada di Kediri, Jawa Timur, pada tanggal 20 Maret 1940.

Sebelumnya, Maarten Paes bermain sebagai kiper untuk FC Dallas sejak tahun 2022. Ia juga pernah membela NEC0 (2016-2018), Utrecht, dan Jong Utrecht (2018-2022). Harga pasar Maarten Paes cukup tinggi, dengan nilai Rp 1,74 miliar saat ia bermain untuk NEC0.

Nilai pasar Maarten Paes kemudian meningkat saat ia bergabung dengan FC Utrecht, mencapai Rp 26 miliar dan menjadi yang tertinggi dalam karir sepakbolanya. Saat ini, harga pasar Maarten Paes mencapai Rp 20,86 miliar.

Pernah Bikin Lionel Messi Frustrasi

Dengan nilai pasar yang dimiliki saat ini, kemampuan Maarten Paes tak perlu diragukan lagi. Bahkan, mega bintang Lionel Messi pernah dibuat frustrasi olehnya.

Pada 23 Januari lalu, FC Dallas mendapatkan kesempatan menarik. Mereka berkesempatan menghadapi Inter Miami dalam laga uji coba.

Seperti diketahui, Inter Miami kini menjadi klub para bintang seperti Lionel Messi hingga Luis Suarez.

Maarten Paes dimainkan sebagai starter pada laga itu. Hebatnya, Paes mampu mencatatkan nirbobol pada laga itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Bela Timnas Indonesia

Dengan status WNI yang dimilikinya, Maarten Paes semakin dekat untuk membela Timnas Indonesia, meskipun perpindahan federasinya dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke FIFA harus diperjuangkan oleh PSSI.

Menurut Statuta FIFA terbaru pada tahun 2022, Maarten Paes mungkin menghadapi hambatan berdasarkan Pasal 9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

Penampilan terakhir Maarten Paes di level timnas adalah bersama Belanda U-21 saat melawan Timnas Belarusia dalam babak Kualifikasi Euro U-21 2021 pada tanggal 15 November 2020. Saat itu, Maarten Paes berusia 22 tahun.

Saat ini, ia bermain untuk FC Dallas di Major League Soccer (MLS) 2024 dengan catatan 9 penampilan, 12 kebobolan, tiga clean sheet, dan satu kartu kuning.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.