Sukses

Mengenal Hari Kesadaran Autisme Dewasa yang Diperingati 18 April

Hari Kesadaran Autisme Dewasa diperingati oleh orang dewasa dengan autisme dan orang-orang yang mereka cintai setiap tahun pada tanggal 18 April.

Liputan6.com, Jakarta Adult Autism Awareness Day atau Hari Kesadaran Autisme Dewasa diperingati oleh orang dewasa autis dan orang-orang yang mereka cintai setiap tahun pada tanggal 18 April.

Autisme, juga dikenal sebagai Autism Spectrum Disorder (A.S.D.), dapat diidentifikasi sebagai berbagai kondisi yang ditandai dengan tantangan yang berkaitan dengan keterampilan sosial, perilaku berulang, ucapan, dan komunikasi nonverbal. Statistik menunjukkan bahwa di Amerika Serikat, autisme mempengaruhi sekitar satu dari 54 anak saat ini, mengutip dari nationaltoday.com. 

Seseorang mungkin menunjukkan tanda-tanda autisme sejak usia dua atau tiga tahun. Namun, beberapa orang mungkin menunjukkan tantangan perkembangan terkait pada usia yang lebih dini.

Penelitian menunjukkan bahwa intervensi medis dini dalam kasus-kasus seperti itu akan memberikan hasil positif di kemudian hari bagi penderita autisme.

Selain autisme, orang tersebut mungkin juga menderita kepekaan sensorik dan masalah medis seperti gangguan pencernaan, kejang atau gangguan tidur, serta masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, dan gangguan perhatian.

Penelitian menunjukkan bahwa autisme dapat berkembang dari pengaruh genetik dan lingkungan. Gejala autisme pada orang dewasa mungkin berbeda dengan gejala pada anak-anak. Banyak orang dewasa telah belajar mengatasi gejalanya seiring berjalannya waktu.

ASD adalah salah satu gangguan perkembangan neurologis yang paling umum. Dalam kebanyakan kasus, penderita autis mendapat diagnosis saat masih anak-anak, setelah mereka berusia empat tahun.

Beberapa orang dewasa yang menderita autis tidak terdiagnosis pada masa kanak-kanak, meskipun gejalanya akut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala dan Kronologi Terciptanya Hari Ini

Tanda dan gejala ASD pada orang dewasa banyak dan dapat mencakup hal-hal berikut: kesulitan berbicara dengan orang lain dan mempertahankan persahabatan.

Mungkin ada perjuangan dalam mengendalikan emosi, memfokuskan minat pada satu topik tertentu, dan berulang kali membicarakannya.

Gejala autisme berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Hari Kesadaran Autisme Dewasa diciptakan untuk membuat hidup lebih mudah bagi orang dewasa dan untuk menciptakan kesadaran di sekitar.

Berikut kronologi terbentuknya: 

1908, Autisme Dinamakan: Istilah ini dikembangkan oleh psikiater Eugen Bleuler dari Swiss.

1943, Leo Kanner: Orang pertama yang mendefinisikan autisme.

1944, Sindrom Asperger: Hans Asperger menggambarkan bentuk autisme yang lebih ringan yang sekarang dikenal sebagai Sindrom Asperger.

Tahun 1980an, Penelitian lebih lanjut: Penelitian tentang autisme mendapatkan momentumnya.

3 dari 4 halaman

Cara Memperingati Hari Kesadaran Autisme Dewasa

1. Pelajari tentang autisme.

Autisme bukanlah hal yang aneh seperti yang diyakini orang. Jika Anda tidak tahu banyak tentang masalah ini, bacalah tentang autisme dewasa dan pelajari cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu.

2. Tawarkan bantuan.

Anda dapat menyumbangkan waktu dan pengalaman Anda untuk membantu organisasi yang bergerak di bidang autisme dewasa. Beberapa pekerjaan yang dapat Anda lakukan adalah menyebarkan informasi, mendapatkan lebih banyak relawan, dan mengumpulkan sumber daya.

3. Lebih berhati-hati.

Jika Anda mengenal seseorang dengan autisme, baik orang dewasa atau anak-anak, bersikaplah lebih akomodatif terhadap kebutuhannya. Cobalah untuk membantu mereka semampu Anda, dan hilangkan stigma terhadap mitos-mitos mengenai gangguan ini.

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa Hari Kesadaran Autisme Dewasa ini menjadi penting, yakni: 

1. Hari untuk belajar.

Hari Kesadaran Autisme Dewasa mengajarkan kita tentang autisme - sesuatu yang mungkin belum kita ketahui. Hal ini menjadi kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang orang-orang yang berbagi kehidupan.

2. Menunjukkan kepada mereka bahwa mereka tidak sendirian.

Orang dewasa dengan autisme seringkali cenderung merasa terisolasi. Perayaan seperti Hari Peduli Autisme Dewasa adalah pengingat bahwa mereka tidak sendirian.

3. Memunculkan Empati.

Hari Peduli Autisme Dewasa juga membuat kita berempati terhadap mereka yang kebutuhannya berbeda dengan kita. 

 

4 dari 4 halaman

5 Fakta Tentang Autisme

1. Bukanlah hal yang aneh.

Satu dari 68 anak didiagnosis autisme setiap tahunnya.

2. Hal ini mempengaruhi jenis kelamin secara tidak proporsional.

Anak laki-laki lima kali lebih mungkin didiagnosis menderita A.S.D. dibandingkan anak perempuan (hal ini sebagian besar disebabkan oleh kurang terdiagnosisnya anak perempuan).

3. Kondisi genetik.

ASD merupakan suatu kondisi genetik yang umumnya muncul sebelum usia tiga tahun.

4. Perawatannya mahal.

ASD biaya sebuah keluarga rata-rata $60.000 atau sekitar Rp 971 juta per tahun.

5. Orang terkenal yang diduga autis.

Albert Einstein, Isaac Newton, Andy Warhol, dan Bill Gates mungkin termasuk dalam spektrum autisme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini