Sukses

SPEKIX 2024, Special Kids Expo Seputar Anak Berkebutuhan Khusus Digelar 11-12 Mei

SPEKIX 2024 (Special Kids Expo 2024), event yang mendukung hak-hak individu dengan kebutuhan khusus, seperti Autism dan Kesulitan Belajar.

Liputan6.com, Jakarta Setiap anak, termasuk yang mengalami autisme dan berkebutuhan khusus lainnya, memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Dengan pendidikan yang bermutu dan kesempatan untuk berkarya, anak-anak spesial itu  dapat menjadi mandiri, berkomunikasi dengan baik, dan memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Zally Zarras Learning Center dan Yayasan Drisana, sebagai upaya dalam menjembatani kesenjangan tersebut, mengadakan Special Kids Expo (SPEKIX) 2024 dengan tema #LoveUnitesSpekix / Love and Kindness Unite - Illuminating the path to Inclusion and Equality.

SPEKIX 2024 akan diadakan pada tanggal 11 – 12 Mei 2024, di Jakarta Convention Center (JCC). Selama dua hari bakal ada agenda inklusif yang tidak berbayar alias gratis untuk umum.

Acara tersebut ditujukan sebagai upaya mendukung komunitas terkait dan masyarakat umum dalam mendapatkan akses informasi terkini. Dengan mengusung 4 kategori (anak, remaja, dewasa, dan profesional) dan 4 konten utama (kesehatan, pendidikan, pengembangan, dan pendukung).

“SPEKIX 2024 merupakan langkah konkret dalam mendukung visi inklusi dan kesetaraan bagi anak-anak kebutuhan khusus," kata Aswin Wihdiyanto, S.T., M.A, Plt. Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Event ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah dalam memberikan pendidikan yang bermutu dan kesempatan yang setara bagi semua anak, termasuk yang berkebutuhan khusus,"kata Aswin dalam acara Press Conference SPEKIX 2024 yang dilaksanakan pada Kamis, 25 April 2024 di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Acara yang Akan Digelar dalam Event SPEKIX 2024

SPEKIX 2024 (Special Kids Expo 2024) diselenggarakan oleh Zally Zarras Learning Center (ZZLC) dan Yayasan Drisana pada 11-12 Mei 2024 di Jakarta Convention Center. Event tahunan ini mendukung hak-hak individu dengan kebutuhan khusus, seperti Autism, dan Kesulitan Belajar.

SPEKIX 2024 menawarkan seminar, pameran, dan kegiatan untuk memahami dan mendukung mereka. Dengan membangun kesadaran inklusi dan membantu individu dengan Autisme mencapai potensi penuh.

Area acara meliputi ruang seminar, konsultasi, ruang bermain anak Autism, area F&B, dan lebih dari 300 pameran karya-karya dari individu dengan Autism.

"Kurang lebih ada 38 workshop dan seminar nantinya. Tidak hanya ada workshop dan seminar, tetapi akan ada booth-booth yang dinamis, jadi lebih interaktif, ada aktivitasnya juga seperti tempat bermain, juga ada booth-booth makanan," kata Zavnura Pingkan Sutowo selaku Deputy Chairperson SPEKIX 2024.

 

3 dari 4 halaman

Anak-anak Berkebutuhan Khusus Diberikan Ruang untuk Mengekspresikan Bakat Mereka

Zavnura mengatakan bahwa SPEKIX 2024 ini akan menjadi ruang untuk memberikan kesempatan untuk memahami lebih dalam kebutuhan dan dukungan bagi orang dengan Autisme dari masa kanak-kanak hingga dewasa melalui berbagai kegiatan, seminar, dan pameran yang informatif dan menginspirasi.

"Kita juga akan ada booth-booth yang menampilkan hasil dan kreasi dari anak-anak berkebutuhan khusus yang sudah menggunakan talent mereka. Ada yang berjualan, bikin pouch, tas, totebag, penulisan, ataupun karya-karya mereka," kata Zavnura.

Anak-anak berkebutuhan khusus diberikan ruang untuk mengekspresikan bakat mereka melalui berbagai hal yang akan ditampilkan dalam acara SPEKIX 2024, termasuk dalam membuat logo untuk acara itu sendiri.

"Seperti logo acara kali ini, itu yang bikin adalah anak-anak yang berkebutuhan khusus," ungkap Zavnura.

4 dari 4 halaman

SPEKIX Sebagai Wadah Informasi untuk Memahami Lebih Dalam Kebutuhan dan Dukungan bagi Orang dengan Autisme

"SPEKIX ini berawal dari inisiasi dr. Sri Hartati Sutowo Sp. Mk, yang berkeinginan untuk membuat suatu expo dimana ini adalah menjadi wadah suatu informasi untuk orang tua, keluarga, pendidik, dan pengasuh, untuk bisa tau lebih dalam kebutuhan bagi orang dengan Autisme," kata Zavnura.

Zavnura mengungkapkan harapannnya untuk SPEKIX 2024 dapat menjadi platform yang efektif dalam mendukung dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat berkebutuhan khusus.

“SPEKIX 2024 diharapkan dapat menjadi platform yang efektif dalam mendukung dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat berkebutuhan khusus dan menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang penilaian, terapi, pendidikan formal, keterampilan, dan pelatihan yang diperlukan bagi orang tua, keluarga, pendidik dan pengasuh anak dengan Autisme."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini