Sukses

Ayo Daftar, Kemenag Buka Seleksi Penerimaan Beasiswa Pemerintah Maroko 2024

Ahmad menyatakan, Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Maroko setiap tahun memberikan kuota beasiswa. Tahun ini, jumlah kuota beasiswa yang diberikan sebanyak 50 orang melalui Kemenag.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka program seleksi penerimaan beasiswa Pemerintah Maroko. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi.

Pendaftaran peserta program seleksi penerimaan beasiswa Pemerintah Maroko ini dibuka dari 13-20 Mei 2024. Peminat bisa daftar melalui Pusaka Superapps Kementerian Agama.

"Aplikasi bisa didownload di PlayStore atau Google Play," kata Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi, dalam keterangan tertulis, diterima Rabu (15/5/2024).

Ahmad menyatakan, Moroccan Agency for International Cooperation (AMCI) melalui Kedutaan Maroko setiap tahun memberikan kuota beasiswa. Tahun ini, jumlah kuota beasiswa yang diberikan sebanyak 50 orang melalui Kemenag.

Menurut Ahmad program ini bertujuan menyaring para lulusan Madrasah Aliyah, Pendidikan Diniyah Formal Ulya/Satuan Pendidikan Muadalah di Indonesia yang berminat melanjutkan studi di Maroko.

"Seleksi calon penerima beasiswa ini akan dilaksanakan oleh Konsorsium Pusat Bahasa PTKI Negeri," ucap dia.

Adapun seleksi akan diawali dengan verifikasi dokumen. Hasil verifikasi dokumen ini diumumkan pada 21 Mei 2024.

"Bersamaan itu diumumkan juga mekanisme pembayaran pendaftaran. Keduanya diumumkan melalui Pusaka Superapss Kementerian Agama," kata Ahmad.

Menurut Ahmad, seleksi penerimaan beasiswa calon mahasiswa Maroko ini, akan dilakukan melalui 2 tahap. Tahap pertama, seleksi kemampuan Bahasa Arab CBT online yang akan dilaksanakan pada 1 Juni 2024.

"Peserta mengikuti CBT online dari rumah/lokasi masing-masing. Peserta yang lolos CBT online akan diumumkan pada 4 Juni 2024 melalui Pusaka Superapss Kementerian Agama," ucap dia.

Sedangkan tahap kedua, akan dilakukan seleksi wawancara bagi mereka yang lolos CBT online. Wawancara akan dilaksanakan pada 8 - 9 Juni 2024.

"Mekanisme wawancara akan diinformasikan bersamaan dengan pengumuman peserta lolos CBT online," ujarnya.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Abdul Rouf, menambahkan seleksi ini akan dilaksanakan secara transparan dan terbuka agar mudah diakses dan diikuti masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat Seleksi

Seluruh rangkaian seleksi diumumkan pada 13 Juni 2024. Proses seleksi akan dilaksanakan pada 15 lokasi PTKIN berikut:

1. UIN Syarif Hidayatullah

2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

3. UIN Maulana Malik Ibrahim

4. UIN Alauddin Makassar

5. UIN Sumatera Utara Medan

6. UIN Ar Raniry Banda Aceh

7. UIN Antasari Banjarmasin

8. UIN Sunan Ampel Surabaya

9. UIN Sunan Gunung DJati Bandung

10. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

11. UIN Mataram

12. UIN Imam Bonjol Padang

13. UIN Raden Intan Lampung

14. UIN Walisongo Semarang

15. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.