Sukses

Menlu Iran Tuduh Amerika Serikat Beri Israel Lampu Hijau untuk Serang Konsulatnya di Suriah

Pihak Iran menyebut AS sudah memberi Israel “lampu hijau” untuk menyerang bangunan konsulatnya di Suriah. Setidaknya tujuh orang tewas atas insiden ini.

Liputan6.com, Teheran - Menteri Luar Negeri Iran, Senin (8/4/2024), menuduh Amerika Serikat (AS) memberi Israel “lampu hijau” untuk menyerang bangunan konsulatnya di Suriah yang menewaskan tujuh pejabat militer Iran termasuk dua jenderal Iran.

Hossein Amirabdollahian menegaskan kembali tekad Teheran untuk menanggapi serangan itu yang dilakukan Israel dan tampak sebagai eskalasi oleh Israel yang menyasar pejabat militer Iran, dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (10/4).

Iran mendukung kelompok militan yang bertempur melawan Israel di Gaza dan sepanjang perbatasannya dengan Lebanon.

Sejak perang Gaza dimulai enam bulan yang lalu, bentrokan meningkat antara Israel dan Hezbollah di Lebanon.

Hamas yang menguasai Gaza dan menyerang Israel pada 7 Oktober juga didukung Iran, serta juga kelompok koalisi informal terdiri dari milisi-milisi Irak yang menyasar pangkalan militer dan posisi pasukan Amerika Serikat di Suriah dan Irak.

Meskipun Israel sering melakukan serangan yang menyasar pejabat dan sekutu Iran, tewasnya Brigadir Jenderal Jenderal Muhammad Reza Zahedi dalam serangan itu merupakan pukulan paling signifikan terhadap Teheran sejak drone AS menyasar dan menewaskan komandan Pasukan Quds Jenderal Qassim Soleimani pada 2020 di Baghdad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Israel Akui Siap Hadapi Skenario Apa pun dengan Iran

Sementara itu, Israel siap menghadapi skenario apa pun yang mungkin timbul dengan Iran. Hal tersebut disampaikan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada Minggu (7/4/2024), setelah Iran mengancam akan membalas serangan ke konsulat jenderal mereka di Damaskus, Suriah, pada 1 April.

Kantor Gallant mengeluarkan pernyataan tersebut setelah dia mengadakan penilaian situasi operasional dengan para perwira militer senior.

"Setelah menyelesaikan penilaian, Menteri Gallant menekankan bahwa lembaga pertahanan telah menyelesaikan persiapan tanggapan jika terjadi skenario apa pun yang mungkin terjadi terhadap Iran," ujar kantor Gallant seperti dilansir CNA, Senin (8/4).

Kepala Staf Umum Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Herzi Halevi, mengatakan Israel tahu bagaimana menghadapi Iran – secara ofensif dan defensif.

"Kami tahu bagaimana bertindak tegas terhadap Iran, baik di wilayah dekat maupun jauh. Kami bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dan mitra strategis di kawasan," ujar Halevi.

3 dari 3 halaman

Ancaman Iran

Iran mengancam akan menanggapi serangan Israel di Damaskus pekan lalu yang menewaskan tujuh anggota Garda Revolusi Iran, termasuk di antaranya dua jenderal.

Penasihat senior pemimpin tertinggi Iran Yahya Rahim Safavi mengatakan pada hari Minggu bahwa tidak ada satu pun Kedutaan Israel yang aman lagi dan bahwa Teheran memandang konfrontasi dengan Israel sebagai hak yang sah dan legal.

Kantor berita Iran ISNA menerbitkan sebuah grafik pada hari Minggu yang menunjukkan sembilan jenis rudal Iran yang berbeda yang disebut dapat menghantam Israel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.