Sukses

Israel Kepung 2 Rumah Sakit di Gaza, Tembaki Tim Medis dan Paksa Evakuasi Pasien Serta Pengungsi

Pasukan Israel dilaporkan mengepung dua rumah sakit lagi di Gaza pada Minggu (24/3/2024), kata Red Crescent atau Bulan Sabit Merah Palestina.

Liputan6.com, Gaza - Pasukan Israel dilaporkan mengepung dua rumah sakit lagi di Gaza pada Minggu (24/3/2024), menembaki tim medis di bawah tembakan dan memaksa evakuasi dari satu rumah sakit yang menampung sebagian besar pasien dan pengungsi yang berlindung di sana, kata Red Crescent atau Bulan Sabit Merah Palestina.

Pasukan Israel mengatakan rumah sakit di Jalur Gaza, tempat perang berkecamuk selama lebih dari lima bulan, sering kali digunakan sebagai markas militan Hamas yang menyimpan pangkalan dan senjata. Hamas dan staf medis menyangkal hal ini.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan salah satu stafnya tewas ketika tank-tank Israel tiba-tiba mundur ke daerah sekitar rumah sakit Al-Amal dan Nasser di kota selatan Khan Younis, di tengah ledakan bom dan penembakan.

Laporan thedailystar.net yang dikutip Senin (25/3/2024), pasukan lapis baja Israel menutup Rumah Sakit Al-Amal dan melakukan operasi buldoser besar-besaran di sekitarnya, kata Bulan Sabit Merah dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan: "Semua tim kami berada dalam bahaya ekstrem saat ini dan tidak dapat bergerak sama sekali."

Dikatakan bahwa pasukan Israel menuntut evakuasi menyeluruh terhadap staf, pasien, dan pengungsi dari Al-Amal dan menembakkan bom asap ke daerah tersebut untuk mencoba mengusir penghuninya.

Beberapa jam kemudian, Bulan Sabit Merah mengatakan semua pasien yang dapat dipindahkan serta pengungsi yang mencari perlindungan dari pertempuran di kompleks rumah sakit telah dievakuasi ke arah barat ke Al Mawasi, sebuah pemukiman di tepi pantai.

Staf rumah sakit tetap tinggal bersama sembilan orang yang sakit parah atau terluka dan 10 orang pendamping serta satu keluarga pengungsi dengan kebutuhan khusus, tambahnya. "Ada kebutuhan untuk mengevakuasi pasien dan korban luka ini (dengan selamat)."

Sebelumnya, Bulan Sabit Merah mengatakan seorang pengungsi Palestina tewas di dalam gedung rumah sakit akibat tembakan Israel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Israel Klaim Tangkap 480 Militan dalam Serangan ke RS Selama Sepekan

Penduduk Khan Younis mengatakan pasukan Israel juga telah maju dan membentuk barisan di sekitar Rumah Sakit Nasser di bagian barat Khan Younis di bawah perlindungan tembakan hebat dari udara dan darat.

Secara terpisah, militer Israel mengatakan telah menangkap 480 militan dalam serangan selama seminggu ke rumah sakit terbesar di wilayah kantong Palestina, Al-Shifa, di Kota Gaza di utara jalur padat penduduk.

Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan puluhan pasien dan staf medis telah ditahan oleh pasukan Israel di Al-Shifa. Kantor media pemerintah yang dikelola Hamas mengatakan pasukan Israel telah membunuh lima dokter Palestina.

Militer Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar atas laporan tersebut. Sebelumnya disebutkan bahwa mereka telah menewaskan lebih dari 170 pria bersenjata dalam serangan tersebut, yang menurut Kementerian Kesehatan Palestina juga menyebabkan kematian lima pasien.

3 dari 4 halaman

Al Shifa Salah Satu RS yang Beroperasi Sebagian hingga 32.226 Orang Tewas di Gaza

Al-Shifa adalah salah satu dari sedikit fasilitas kesehatan yang bahkan sebagian beroperasi di Gaza utara, dan – seperti fasilitas lainnya – juga telah menampung hampir 2 juta warga sipil – lebih dari 80 persen populasi Gaza – yang mengungsi akibat perang.

Reuters tidak dapat mengakses area rumah sakit yang disengketakan di Gaza dan memverifikasi laporan dari kedua belah pihak.

Di Rafah, kota paling selatan Gaza di kota perbatasan Mesir yang menjadi tempat perlindungan terakhir bagi separuh penduduk Gaza yang mengungsi, serangan udara Israel terhadap sebuah rumah menewaskan tujuh orang, kata para pejabat kesehatan.

Sementara itu, kementerian kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan 84 orang lainnya tewas dalam 24 jam terakhir, sehingga total korban tewas dalam perang yang telah berlangsung hampir enam bulan itu menjadi 32.226 orang.

Hamas juga mengatakan Israel telah melancarkan lebih dari 60 serangan udara serta pemboman artileri di Kota Gaza, pusat kota selatan Khan Yunis dan daerah lainnya.

Militer Israel mengatakan jet tempur telah menyerang sekitar 65 sasaran di Gaza.

 

4 dari 4 halaman

Israel dan Sekutu Tegang

Israel menghadapi pengawasan global yang semakin besar dan penolakan terhadap kampanye militernya seiring dengan melonjaknya angka kematian warga sipil Palestina, dan pengepungan Israel yang menyebabkan meluasnya malnutrisi dan kelaparan.

Ketegangan meningkat antara Israel dan sekutu utama mereka, Amerika Serikat, yang menyerukan upaya lebih besar untuk meringankan krisis kemanusiaan.

Titik konflik utama adalah rencana Israel untuk mendorong invasi darat ke Kota Rafah di perbatasan Mesir, tempat sekitar 1,5 juta warga Palestina tinggal, sebagian besar di tempat penampungan yang penuh sesak.

Washington telah menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mendukung serangan Israel terhadap Rafah tanpa rencana untuk melindungi warga sipil di sana.

Kepala intelijen AS Bill Burns dan timpalannya dari Israel David Barnea meninggalkan Doha Sabtu (24/3) malam setelah pembicaraan mengenai gencatan senjata sementara di Gaza dan pertukaran sandera, sebuah sumber yang menjelaskan tentang pembicaraan tersebut mengatakan kepada AFP.

Negosiasi terakhir "berfokus pada rincian dan rasio pertukaran sandera dan tahanan", kata sumber itu, seraya menambahkan bahwa tim teknis tetap berada di Qatar.

Persoalan utama yang menjadi kendala adalah posisi Hamas bahwa gencatan senjata sementara harus berujung pada penarikan permanen Israel dari Gaza, sebuah tuntutan yang ditolak Israel.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini