Sukses

Pria India Nyamar Jadi Polisi Demi Beri Contekan Ujian ke Saudara Perempuannya

Seorang pria India ditangkap karena menyamar sebagai petugas polisi untuk membantu saudara perempuannya menyontek pada ujian sekolah.

Liputan6.com, New Delhi - Seorang pria India ditangkap karena menyamar sebagai petugas polisi untuk membantu saudara perempuannya menyontek pada ujian sekolah.

Higher Secondary Certificate (HSC) of Exams adalah momen penting bagi siswa di seluruh negara bagian Maharashtra di India.

Kejadian bermula ketika seorang pria berusia 24 tahun memasuki Sekolah Menengah Shahbabu Urdu di kota Patur dengan mengenakan seragam polisi berwarna khaki, dikutip dari laman Oddity Central, Kamis (1/3/2024).

Tujuannya membantu seorang siswa lulus ujian dengan memberikan lembar contekan.

Caranya, dengan menyusup ke pusat ujian dengan dalih mengawasi para siswa dan memberikan informasi yang dibutuhkan adiknya untuk lulus ujian.

Hanya saja hal tersebut tidak berjalan sesuai rencana.

Khandare berhasil memasuki Sekolah Menengah Shahbabu Urdu dengan mudah dan langsung bersiap untuk melaksanakan rencananya.

Namun, inspektur polisi yang asli tiba untuk menangani keamanan selama ujian tersebut. Agar tidak terlihat bodong, polisi palsu itu berusaha memberi hormat kepada polisi yang asli.

Namun sikap canggungnya langsung menimbulkan kecurigaan.

Polisi asli langsung memeriksa seragam pria berusia 24 tahun itu secara menyeluruh, mereka melihat segala macam ketidakkonsistenan.

Pertama, mereka melihat papan nama di seragamnya salah. Kemudian kualitas seragamnya masih jauh dari yang diinginkan.

Setelah melakukan pemeriksaan ditemukan banyak lembar contekan yang ditujukan untuk saudara perempuannya, yang sedang mengikuti ujian.

Polisi palsu berusia 24 tahun itu ditahan dan didakwa menyamar sebagai pegawai pemerintah. Dia sekarang berisiko menghabiskan waktu di balik jeruji besi karena aksinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ujian Berakhir 90 Detik Lebih Awal, Siswa di Korea Selatan Minta Ganti Rugi Rp238 Juta

Bicara soal ujian, ada hal menarik lainnya yang terjadi di negara lain.

Sekelompok siswa di Korea Selatan baru-baru ini menggugat pemerintah lantaran ada seorang guru yang mereka mengakhiri ujian 90 detik lebih awal dari yang seharusnya.

Suneung, ujian masuk perguruan tinggi di Korea Selatan, terkenal begitu panjang dan sulit, dan implikasinya benar-benar mengubah hidup.

Hasil dari Suneung tidak hanya menentukan penempatan siswa di perguruan tinggi, namun juga pilihan karir dan hubungan percintaan mereka ke depannya, dikutip dari laman Oddity Central.

Jadi tidak mengherankan jika semua orang, mulai dari siswa dan keluarga hingga pemerintah Korea Selatan menanggapi Suneung dengan sangat serius.

 

3 dari 3 halaman

Siswa Harus Berkonsentrasi

Selama ujian delapan jam, Korea Selatan menutup wilayahnya dan menunda pembukaan pasar saham untuk membantu siswa berkonsentrasi.

Jadi ketika seorang guru baru-baru ini mengakhiri ujiannya 90 detik lebih awal, hal tersebut merupakan masalah besar dengan konsekuensi hukum yang serius.

Insiden itu terjadi di tempat ujian di ibu kota Seoul, pada akhir ujian Suneung bahasa Korea tahap pertama.

Tampaknya, bel berbunyi 90 detik lebih awal dari yang seharusnya, dan pengawas mengambil kertas siswa meskipun mereka memprotes.

Namun pihak fakultas mengakui kesalahan tersebut sebelum ujian berikutnya dimulai dan berusaha memperbaikinya dengan memberikan waktu satu setengah menit pada istirahat makan siang.

Sayangnya, siswa hanya diperbolehkan menandai kolom kosong yang tersisa di kertasnya, tidak boleh mengubah jawaban yang sudah ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.