Sukses

AS Kembali Mendarat di Bulan, Pertama Sejak Misi Apollo 17 pada 1972

Intuitive Machines mengakhiri ketidakhadiran AS selama setengah abad di permukaan Bulan sekaligus mencatat sejarah sebagai perusahaan komersial pertama yang menempatkan pesawat ruang angkasa di Bulan.

Liputan6.com, Washington, DC - Sebuah perusahaan Amerika Serikat (AS) mencetak sejarah dengan menjadi perusahaan komersial pertama yang menempatkan pesawat ruang angkasa di Bulan. Intuitive Machines yang berbasis di Houston mendaratkan robot Odysseus di dekat kutub selatan Bulan.

Butuh beberapa menit bagi pengendali untuk memastikan bahwa pesawat itu jatuh, namun akhirnya sinyal diterima.

"Apa yang dapat kami pastikan, tanpa diragukan lagi, adalah peralatan kami ada di permukaan Bulan dan kami sedang melakukan transmisi," ungkap CTO Intuitive Machines Tim Crain, seperti dilansir BBC, Jumat (23/2/2024).

Staf di perusahaan bersorak dan bertepuk tangan mendengar kabar tersebut. Ini adalah momen penting, tidak hanya untuk eksploitasi ruang angkasa secara komersial tetapi juga untuk program angkasa luar AS secara umum.

Intuitive Machines mengakhiri ketidakhadiran AS selama setengah abad di permukaan Bulan. Misi terakhir AS adalah Apollo 17 pada tahun 1972, di mana perangkat keras AS mendarat dengan lembut di tanah Bulan.

Badan antariksa AS, NASA, telah membeli ruang di Odysseus untuk enam instrumen ilmiah dan administratornya Bill Nelson dengan cepat menambahkan ucapan selamat kepada Intuitive Machines atas misi yang dia gambarkan sebagai "kemenangan".

"AS telah kembali ke Bulan," kata Nelson.

"Hari ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia, sebuah perusahaan komersial – sebuah perusahaan AS – meluncurkan dan memimpin pelayaran ke sana. Dan hari ini adalah hari yang menunjukkan kekuatan dan janji kemitraan komersial NASA."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Dikhawatirkan Gagal

Pengendali dilaporkan sempat menghadapi masalah teknis yang hampir menghentikan misi bahkan sebelum penurunan dimulai. Sebabnya, laser jangkauan Odysseus, yang seharusnya menghitung ketinggian dan kecepatan pesawat, tidak berfungsi dengan baik.

Untungnya, ada beberapa laser eksperimental dari NASA di pesawat tersebut dan para insinyur dapat memasangkannya ke komputer navigasi.

Odysseus mendarat pada 23.23 GMT atau 06.23 WIB. Awalnya tidak ada sinyal sama sekali dari robot. Ada banyak kegelisahan seiring berjalannya waktu, namun akhirnya hubungan komunikasi berhasil dibuat, meski samar-samar.

Hal ini menimbulkan beberapa kekhawatiran tentang status pendarat. Namun, dalam beberapa jam, Intuitive Machines melaporkan bahwa Odysseus berdiri tegak dan mengirimkan kembali data, termasuk gambar.

Lokasi pendaratan adalah medan berkawah di sebelah kompleks pegunungan setinggi 5 km yang dikenal sebagai Malapert. Ini adalah titik paling selatan di Bulan yang pernah dikunjungi oleh pesawat ruang angkasa. Lokasi tersebut masuk dalam daftar lokasi di mana NASA mempertimbangkan untuk mengirim astronot pada akhir dekade ini sebagai bagian dari program Artemis.

Ada beberapa kawah dalam di wilayah ini yang tidak pernah terkena sinar Matahari - kawah tersebut selalu berada dalam bayangan - dan para ilmuwan memperkirakan mungkin ada air beku di dalamnya.

"Es sangat penting karena jika kita benar-benar dapat memanfaatkan es di permukaan Bulan maka akan lebih sedikit material yang harus kita bawa," jelas Direktur Ilmu planet NASA Lori Glaze.

"Kita bisa menggunakan es itu untuk mengubahnya menjadi air – air minum yang bisa diminum – dan kita bisa mengekstraksi oksigen dan hidrogen untuk bahan bakar dan pernapasan para astronot. Jadi ini sangat membantu kita dalam eksplorasi."

3 dari 3 halaman

Teknologi dan Sains

Enam muatan NASA di robot Odysseus merupakan perpaduan antara demonstrasi teknologi dan sains. Investigasi kuncinya adalah mengamati perilaku debu Bulan, yang menurut para astronot Apollo merupakan gangguan serius, menggores, dan menyumbat peralatan mereka.

Adapun enam muatan komersial di dalamnya termasuk sistem kamera mahasiswa dari Embry-Riddle Aeronautical University, yang seharusnya dikerahkan dari Odysseus ketika masih berada 30 meter di atas permukaan bulan. Sistem ini dirancang untuk mengambil gambar selfie saat robot turun.

Seniman AS Jeff Koons juga memasang sebuah kotak di sisi pendarat yang berisi 125 bola baja tahan karat kecil untuk mewakili fase-fase Bulan yang berbeda dalam sebulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.