Sukses

Prabowo Terima Ucapan Selamat dari 5 Pemimpin Dunia Usai Unggul di Pilpres 2024 Versi Quick Count

Prabowo Subianto mendapat ucapan selamat via telepon dari lima pemimpin dunia usai unggul di Pilpres 2024 versi hitung cepat (Quick Count) (Instagram/@prabowo).

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto mendapat ucapan selamat via telepon dari lima pemimpin dunia usai unggul di Pilpres 2024 versi hitung cepat (Quick Count).

Hal ini ia sampaikan dalam akun Instagram resmi miliknya @prabowo.

Ucapan selamat kepada Prabowo datang dari:

  • Perdana Menteri Australia Anthony Albanese
  • Wakil Perdana Menteri Australia, Richard Marles
  • Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong
  • Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim
  • Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe

"Pada pagi hari ini mendapat sambungan telfon berisi ucapan Selamat atas penghitungan hasil Pemilu yang masih berlangsung dari 5 pimpinan negara, Perdana Menteri Australia, PM @albomp, Wakil Perdana Menteri Australia, Richard Marles, Perdana Menteri Singapore, PM @leehsienloong, Perdana Menteri Malaysia, PM @anwaribrahim_my, Presiden Srilanka, Ranil Wickremesinghe," tulis @prabowo.

"Alhamdulillah kita wajib bersyukur dan terus mengawal hasil resmi KPU."

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Akui Sudah Bertemu Langsung Prabowo Subianto dan Ucapkan Selamat

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dirinya juga sudah menyelamati langsung Prabowo Subianto atas hasil kemenangan sementara tersebut pada Rabu 14 Februari 2024 malam.

"Ketemu langsung, udah, (ucapkan) selamat, selamat," ujar Jokowi di sela-sela Indonesia International International Motor Show (IIMS) 2024 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Tak hanya sendiri, Jokowi bertemu langsung dengan Prabowo Subianto bersama beberapa orang lainnya. Namun, ia tak mau membocorkan siapa saja, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

"Semalam, berempat. (Siapa saja?) Ya enggak perlu saya sebut," kata Jokowi.

Kendati begitu, RI 1 tak ingin terlena dengan hasil quick count yang sudah keluar. Dirinya masih menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Hasil penghitungan quick count itu adalah metode penghitungan yang ilmiah. Tapi apa pun kita harus menunggu hasil resmi dari KPU," pinta Jokowi.

Begitu pun saat ditanya perihal komunikasinya dengan sang putra, Gibran Rakabuming Raka. Jokowi tak mau terburu-buru pasca kemenangan sementara ini. "Ojo kesusu, sabar," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Hasil Quick Count CSIS Indonesia & Cyrus Network 90%: Anies-Cak Imin 25,04%, Prabowo-Gibran 58,23%, dan Ganjar-Mahfud 16,73%

Hasil perhitungan cepat atau quick count pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2024 sedang berlangsung.

Sebagaimana dari keterangan yang diterima, hasil sementara quick count CSIS Indonesia dan Cyrus Network pada Rabu (14/2/2024), pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul.

Hasil sementara quick count CSIS Indonesia dan Cyrus Network pada Rabu (14/2/2024) pukul 18.31 WIB, total suara masuk 90 persen menunjukan rincian sebagai berikut:

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 25,04 persen

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 58,23 persen

Pasangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 16,73 persen

Quick count CSIS Indonesia dan Cyrus Network menggunakan populasi 2.000 TPS yang tersebar di 38 provinsi. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling.

Tingkat kepercayaan quick count ini 95 persen dengan margin of error ±1 persen.

4 dari 4 halaman

Hasil Quick Count Charta Politika 91,05%: Anies-Muhaimin 25,82%, Prabowo-Gibran 57,80%, Ganjar-Mahfud 16,37%

Proses hitung cepat atau quick count Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tengah berlangsung. Berdasarkan aturan, hasil quick count bisa diumumkan ke publik mulai pukul 15.00 WIB usai pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hasil sementara quick count Charta Politika Indonesia pada Rabu (14/2/2024) pukul 20.35 WIB, total suara masuk mencapai 91,05 persen. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 25,82 persen.
  • Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 57,80 persen.
  • Pasangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 16,37 persen.

Sebagai informasi, quick count Charta Politika Indonesia menggunakan populasi 2.000 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 38 Provinsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.