Sukses

Bikin Kaget, Pria Australia Temukan Ular Hitam di Kloset Toilet Umum

Tennile Bankes dikejutkan dengan kemunculan ular hitam di balik penutup kloset toilet di Goondiwindi, Queensland. Australia.

Liputan6.com, Queensland - Tennile Bankes dikejutkan dengan kemunculan ular hitam di balik penutup kloset di toilet umum di Goondiwindi, Queensland, Australia. 

Karena hal ini, penjaga satwa liar, penangkap ular, dan juga tim kepolisian setempat dikerahkan untuk memberikan bantuan kepada warga sekitar akibat kemunculan ular tersebut.

Menurut Tennille, tanpa disadari ular-ular lebih sering ditemukan di dalam toilet. "Bukannya mereka masuk ke sana dan berlama-lama, biasanya mereka ada di toilet untuk minum atau mencari sumber makanan," ujarnya.

Kemunculan ular ini, seperti dilansir theguardian.com, Jumat (2/2/2024), diduga akibat banyaknya katak yang berada di dalam bilik toilet.

Sebelumnya, kota ini memang sempat dilanda badai hebat di pantai timur negara tersebut dan menyebabkan banyaknya katak bermunculan. Cuaca yang panas juga menjadi salah satu alasan mengapa toilet menjadi tempat yang ideal bagi para ular untuk mencari makan dan juga menenangkan diri.

"Mereka memiliki hampir semua yang diinginkan pada satu tempat," ucap Tennile.

Keberadaan ular di dalam toilet Goondiwindi ini juga kabarnya bersamaan dengan penemuan ular di gedung-gedung bahkan rumah penduduk setempat.

Sebelumnya, salah satu kejadian yang juga mengejutkan adalah ketika seekor ular berukuran besar jatuh dari atap saat proses rekaman podcast. Selain itu tatkala kemunculan dua ekor ular piton yang berkeliaran di jalanan, diduga telah dibuang oleh seseorang.

Tennille menyarankan untuk tidak menganggu ular, karena hal itu akan membuat ular tersebut merasa terancam dan berusaha melindungi dirinya dengan cara menggigit sang lawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ular di Lemari Pakaian Seorang Bocah 3 Tahun

Masih di Australia, seorang penangkap reptil pernah juga dipanggil ke sebuah rumah oleh seorang wanita yang menemukan salah satu ular paling berbisa di dunia yang berada dalam laci pakaian dalam putranya yang masih balita.

Laporan situs UPI.com yang dikutip Jumat (2/2/2024), seorang penangkap ular di Melbourne, Mark Pelley, mengatakan bahwa dia dipanggil ke sebuah rumah karena adanya temuan eastern brown snake (ular cokelat timur) sepanjang 5 kaki atau sekitar 1,5 meter di laci pakaian dalam putranya yang berusia 3 tahun.

Penangkap reptil tersebut mengatakan bahwa ular berbisa tersebut sepertinya bersembunyi di dalam beberapa pakaian yang dibawa sang ibu dari tali jemuran pada hari sebelumnya, dan akhirnya ditempatkan di laci bersama pakaian tersebut.​ 

 

3 dari 4 halaman

Sembunyi di Toilet, Ular ini Kejutkan Warga Singapura

Sementara itu, keberadaan ular piton di rumah seorang warga Singapura membuat panik.

Jeritan seorang wanita membangunkan seluruh penghuni rumah di Rumah Dewan Perumahan di Eunos, Singapura pada pukul 6.45 pagi waktu setempat. Ternyata, suara itu adalah respons dari temuan ular piton sepanjang tiga meter yang berada di dekat si perempuan.

Apa yang terjadi kemudian adalah drama kepanikan selama dua jam, di mana keluarga harus berurusan dengan ular piton sanca batik di rumah mereka sambil menunggu bantuan datang.

Kejadian pada 30 Desember 2018 ini tentunya sangat mengejutkan, pasalnya sang suami yang bernama Goh ini terkejut melihat istrinya panik dan berlari masuk ke dalam kamar.

"Dia mengatakan ada ular besar di toilet. Saya pikir dia melebih-lebihkan atau telah salah mengira ular lain," katanya kepada The New Paper yang dikutip Jumat (2/2/2024).

Tetapi ketika dia memeriksa, ternyata benar ada ular piton melingkar di sekitar balok di toilet.

Baca selengkapnya di sini... 

4 dari 4 halaman

Cegah Ular Masuk ke Dalam Rumah

Menurut para ahli, banyak ular yang dapat menemukan jalan mereka untuk menuju ke dalam ruangan.

Mereka bisa bergerak melalui retakan di pondasi rumah, dan juga dapat menyelinap melalui celah antara pipa dan dinding luar, celah di sekitar pintu dan jendela, saluran pengering, ventilasi AC, atau pintu garasi yang tertutup rapat.

Cara mencegah ular masuk rumah selanjutnya adalah dengan membersihkan area rumah secara rutin.

Area rumah yang kotor dan lembab menjadi tempat favorit bagi ular. Menjaga rumah tetap bersih adalah cara jitu untuk menghalau ular dan area yang kering dapat mencegah hewan melata tersebut untuk masuk kedalam rumah.

Selain bagian dalam rumah, area halaman juga dapat menjadi alasan ular masuk kedalam rumah. Rumput atau tanaman yang rimbun menjadi tempat tinggal yang menyenangkan bagi ular. Memangkas rumput dan tanaman yang rimbun dapat menjadi mencegah ular masuk rumah yang efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.