Sukses

Tiongkok Klaim Tindakannya di Laut China Selatan Terkendali, Filipina Murka

Tiongkok mengklaim bahwa tindakan Penjaga Pantainya terhadap kapal-kapal Filipina di Laut China Selatan pada Senin (11/12) adalah tindakan yang profesional dan terkendali.

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok mengklaim bahwa tindakan Penjaga Pantainya terhadap kapal-kapal Filipina di Laut China Selatan pada Senin (11/12) adalah tindakan yang profesional dan terkendali.

China juga menambahkan bahwa pihaknya telah menyampaikan pernyataan tegas kepada Manila, dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (11/12/2023).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan bahwa Penjaga Pantai Beijing "mengambil tindakan yang diperlukan terhadap kapal-kapal Filipina sesuai dengan hukum domestik dan internasional".

“Operasinya profesional, terkendali, masuk akal dan legal,” katanya.

Mao menyebut, Kementerian Luar Negeri Beijing "telah mengajukan pernyataan tegas kepada Filipina dan menyatakan protes kerasnya".

Filipina mengatakan bahwa pihaknya telah memanggil utusan Tiongkok dan kemungkinan untuk mengusirnya menyusul konfrontasi paling menegangkan antara kapal-kapal negara tersebut selama bertahun-tahun.

Video yang dirilis oleh Penjaga Pantai Filipina menunjukkan kapal-kapal Tiongkok menembakkan meriam air ke kapal-kapal Filipina di Scarborough Shoal dan sebuah garnisun kecil di Second Thomas Shoal pada Sabtu dan Minggu kemarin.

Ada juga tabrakan antara kapal Filipina dan Tiongkok di Second Thomas Shoal, tempat sejumlah tentara Filipina ditempatkan di kapal perang yang dilarang terbang, dan kedua negara saling menyalahkan.

“Baru-baru ini terjadi berbagai situasi tegang di perairan sekitar Terumbu Karang Ren'ai, dan tanggung jawab sepenuhnya berada di tangan Filipina,” kata Mao pada hari Senin, mengacu pada Second Thomas Shoal dengan nama Cina.

“Akar penyebabnya adalah Filipina melanggar janjinya dengan menolak menarik kapal perang yang terdampar secara ilegal, berupaya melakukan bala bantuan besar-besaran dan mencapai pendudukan permanen,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Ada Aksi Kejar-kejaran

Sebelumnya, sebuah pesawat pengintai Angkatan Laut Amerika Serikat terbang berputar-putar melakukan pengawasan ketat dan mendapati puluhan penjaga pantai China dan kapal-kapal pendampingnya mengejar dan mengepung kapal-kapal Filipina dalam konfrontasi dan upaya saling kejar-kejaran di Second Thomas Shoal di Laut China Selatan.

Pada puncak konfrontasi empat jam di laut lepas pada Jumat kemarin, sebuah kapal penjaga pantai China menembakkan meriam air ke arah perahu motor Filipina yang mengantarkan makanan dan pasokan lainnya kepada pasukan Filipina di kapal perang yang terdampar dan berkarat yang berfungsi sebagai pos teritorial negara tersebut.

Tiongkok dengan teguh mempertahankan klaimnya atas seluruh jalur perairan strategis tersebut, bentrok dengan negara-negara tetangganya yang lebih kecil dan menarik perhatian Amerika Serikat, sekutu Manila.

Ada kekhawatiran bahwa konfrontasi yang berulang di Second Thomas Shoal, yang terletak di dalam zona ekonomi eksklusif Filipina yang disetujui PBB namun diklaim oleh Tiongkok dapat memicu konflik bersenjata yang mengadu AS melawan China, dikutip dari laman Arab News, Minggu (12/11/2023).

Para pejabat Filipina mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah mengambil langkah apa pun yang dapat memicu konflik yang lebih besar namun tidak akan tergoyahkan dalam membela hak kedaulatan negaranya di Laut China Selatan.

Meskipun ada blokade Tiongkok dan manuver paksaan, kontingen Filipina berhasil mengirimkan pasokan ke segelintir marinir Filipina di atas kapal BRP Sierra Madre dan berangkat tanpa insiden.

Kapal perang Filipina yang disumbangkan oleh AS, telah hancur seiring bertambahnya usia namun masih aktif ditugaskan, yang berarti serangan bersenjata akan dianggap oleh Manila sebagai tindakan perang.

3 dari 3 halaman

Filipina Tuduh Kapal China Menyusup ke Perairannya, Tiongkok Klaim Itu Kawasannya

Kementerian Luar Negeri Filipina menuduh China menyusup ke perairannya setelah insiden yang melibatkan kapal militer kedua negara di perairan dangkal.

Namun atas kejadiaan ini, ditanggapi oleh China yang melempar balik tuduhan tersebut.

“Tiongkok yang melakukan penyusupan ke perairan Filipina,” kata Kementerian Luar Negeri Filipina dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Straits Times, Selasa (7/11/2023).

Filipina dan China sama-sama mengklaim wilayah Scarborough Shoal sebagai wilayahnya. Namun kedaulatannya belum pernah ditetapkan, dan wilayah tersebut tetap berada di bawah kendali Beijing sejak mereka merebut wilayah tersebut dari Manila pada tahun 2012.

DFA mengatakan dangkalan tersebut bernama “Bajo de Masinloc” berada dalam zona ekonomi eksklusif Filipina dan negara tersebut mempunyai hak kedaulatan dan yurisdiksi atas wilayah ini.

“Filipina secara konsisten meminta kapal China di Bajo de Masinloc untuk meninggalkan wilayah tersebut,” kata Kementerian Luar Negeri Filipina.

Pulau yang terletak 200 km dari Filipina ini merupakan bagian dari tuntutan arbitrase yang diajukan Manila di pengadilan internasional.

Pengadilan tersebut memutuskan pada tahun 2016 bahwa klaim Beijing atas 90 persen Laut Cina Selatan tidak memiliki dasar hukum internasional, namun Tiongkok menolak untuk mengakui keputusan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.