Sukses

Spekulasi Penyebab Kecelakaan Pesawat Bos Wagner Yevgeny Prigozhin, Ditembak Rudal hinga Dibunuh Vladimir Putin

Tampaknya ada perbedaan pendapat di pemerintahan Joe Biden, mengenai penyebab kecelakaan pesawat mematikan bos tentara bayaran Rusia Wagner Yevgeny Prigozhin. Nama Vladimir Putin pun terseret.

Liputan6.com, Moskow - Penyebab kecelakaan pesawat yang menimpa bos tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin masih menjadi teka-teki. Meski sempat beredar spekulasi bahwa pesawat yang membawa Prigozhin diduga ditembak rudal. 

Kendati demikian pihak berwenang AS kemudian mengesampingkap kabar tersebut.

"Bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin dibunuh saat terbang dengan jet pribadinya dalam penerbangan dari Moskow ke St. Petersburg – tetapi tampaknya pesawat tersebut tidak ditembak jatuh oleh rudal permukaan-ke-udara," menurut para pejabat AS seperti dikutip dari New York Times, Jumat (25/8/2023).

Informasi awal yang dikumpulkan oleh pemerintah AS, yang masih ditinjau, menunjukkan bahwa ada bom yang meledak di pesawat jet eksekutif Embraer Legacy 600 di tengah penerbangan, atau pesawat tersebut menjadi sasaran sabotase bentuk lain, lapor Wall Street Journal.

Tampaknya ada perbedaan pendapat mengenai penyebab kecelakaan pesawat mematikan di pemerintahan Joe Biden, dengan dua pejabat yang berbicara sebelumnya kepada Reuters mengklaim bahwa pesawat Prigozhin kemungkinan besar ditembak jatuh oleh rudal permukaan-ke-udara yang berasal dari dalam Rusia.

Pejabat AS ketiga mengkonfirmasi kepada kantor berita tersebut bahwa ada sejumlah teori dan belum ada kesimpulan pasti yang dicapai.

Komite investigasi federal Rusia telah meluncurkan penyelidikan terhadap kecelakaan api di wilayah Tver pada Rabu 23 Agustus yang diduga menewaskan bos tentara bayaran Wagner 62 tahun itu, tangan kanannya Dmitry Utkin dan delapan orang lainnya – namun badan tersebut sejauh ini belum mengatakan apa yang mungkin menyebabkan bencana tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kematian Prigozhin Dua Bulan Setelah Pemberontakannya ke Vladimir Putin

Konon kematian pemimpin tentara bayaran tersebut dua bulan setelah pemberontakan singkatnya melawan petinggi militer Rusia memicu banyak spekulasi, dengan beberapa pendukung Grup Wagner mengklaim bahwa jet tersebut ditembak dari langit oleh rudal pertahanan Rusia.

Sumber lain mengklaim bahwa bom yang disembunyikan di dalam peti anggur mahal yang diberikan kepada Prigozhin dan dimuat ke dalam jet sebelum lepas landas menyebabkan kecelakaan itu.

Dan berbagai kritikus terhadap Kremlin baik di Rusia maupun di luar negeri telah menuding Presiden Vladimir Putin, yang terkenal mencap Prigozhin sebagai "pengkhianat" selama pemberontakan singkatnya pada bulan Juni yang merupakan tantangan paling serius terhadap pemerintahan Vladimir Putin sejak tahun 1999.

Presiden Biden pada hari Rabu mengatakan dia “tidak terkejut” dengan laporan bahwa Prigozhin tewas dalam kecelakaan pesawat, dan menambahkan bahwa tidak banyak hal yang terjadi di Rusia yang tidak didalangi Putin.​

3 dari 4 halaman

Belasungkawa Vladimir Putin

Setelah bungkam selama 24 jam, Vladimir Putin pada hari Kamis mengatakan dalam pidatonya di televisi bahwa ia ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka yang tewas dalam kecelakaan itu – dan memuji Prigozhin sebagai "pengusaha berbakat" yang ia kenal sejak tahun 1990an.

"Pertama-tama, saya ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada seluruh keluarga korban. Ini merupakan sebuah tragedi," ujar presiden Rusia seperti dilansir CNN, Jumat (25/8).

Lebih lanjut Putin mengatakan bahwa dia telah sangat lama mengenal Prigozhin. Presiden Rusia itu mengakuinya sebagai individu dan pebisnis berbakat.

"Dia adalah orang yang bernasib sulit, dia melakukan sejumlah kesalahan serius dalam hidup, dan dia mencapai hasil yang diperlukan baik untuk dirinya sendiri maupun ketika saya bertanya memintanya ... seperti yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir," tutur Putin.

4 dari 4 halaman

Rusia Dalangnya?

Sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan keterlibatan Rusia dalam kecelakaan pesawat yang menewaskan Prigozhin. Penyebab insiden itu belum diketahui dan tengah diselidiki.

"Pagi ini, komite investigasi melapor kepada saya bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan awal. Itu akan dilaksanakan secara penuh dan diselesaikan," ujar Putin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.