Sukses

8 Agustus 2001: Nicole Kidman dan Tom Cruise Cerai, Jadi Perceraian Termahal di Hollywood?

2 bintang Hollywood, Nicole Kidman dan Tom Cruise, resmi bercerai pada 8 Agustus 2001. Surat cerai akhirnya dikeluarkan hanya beberapa jam setelah Kidman dan Cruise masing-masing menghadiri premier film baru mereka, The Others.

Liputan6.com, Los Angeles - Dua bintang Hollywood, Nicole Kidman dan Tom Cruise, resmi bercerai pada 8 Agustus 2001.

Surat cerai akhirnya dikeluarkan hanya beberapa jam setelah Nicole Kidman dan Tom Cruise masing-masing menghadiri premier film baru mereka, The Others.

Keduanya enggan berkomentar tentang perceraian mereka di acara yang digelar di Los Angeles.

Namun, Cruise memberi tahu para wartawan: "Semuanya sudah berakhir, kita akan melanjutkan hidup masing-masing dan menurut saya penting bagi orang-orang untuk tidak ikut campur."

Melansir dari BBC on This Day, Cruise dan Kidman, yang memiliki dua anak angkat, Isabella (8), dan Conor (6), diketahui sudah berpisah pada Februari 2001.

Cruise mengajukan cerai dengan alasan "perbedaan yang tak bisa didamaikan."

Setelah perceraian ini final, perhatian menjadi tertuju pada besarnya kesepakatan harta gono-gini dari perceraian yang mungkin jadi nominal terbesar yang pernah ada di Hollywood.

Kekayaan Cruise saat itu dilaporkan mencapai sekitar $250 juta (Rp3,7 triliun), termasuk lima rumah, dua pesawat terbang, dan perhiasan senilai sekitar $1 juta (Rp15 triliun).

Pasangan ini harus mencapai kesepakatan pribadi sebelum Oktober tahun itu untuk menghindari sidang pengadilan.

Hukum California menyatakan bahwa aset perkawinan harus dibagi secara adil jika pasangan telah bersama selama 10 tahun atau lebih, dan faktanya Kidman dan Cruise sudah menikah sejak tahun 1990 dan masuk kategori tersebut.

Pengacara Cruise, Dennis Wasser, mengatakan kepada BBC: "Dia akan memberikan apa yang diwajibkan oleh hukum dan seperti yang sering kali saya katakan, ini berarti Kidman akan meninggalkan pernikahan dengan puluhan juta dolar."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembagian Aset di Luar Pengadilan

Akhirnya, pasangan ini mencapai kesepakatan di luar pengadilan mengenai pembagian aset mereka.

Mereka pun diberikan hak asuh bersama atas kedua anak mereka.

Jumlah yang diterima Kidman tidak diungkapkan, tetapi berkaca dari perpisahan sutradara film Steven Spielberg yang diyakin membayar lebih dari $100 juta (Rp1,5 triliun) kepada mantan istrinya, Amy Irving pada tahun 1989.

Sejak berpisah, baik Kidman maupun Cruise telah dikaitkan secara romantis dengan orang lain.

Pada tahun 2005, Tom Cruise mengumumkan pertunangannya dengan aktris Katie Holmes. Dan setahun kemudian, Nicole Kidman pun juga bertunangan dengan penyanyi Keith Urban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini