Sukses

Kembali Maju di Pemilu 2024, Narendra Modi Beri Janji Bawa India Jadi Negara Ekonomi Terkuat Ketiga Dunia

Narendra Modi akan kembali berlaga dalam pemilu di tahun mendatang. Ia menyebut bahwa India akan mengalami pertumbuhan luar biasa selama masa jabatan ketiganya.

Liputan6.com, New Delhi - Narendra Modi akan kembali berlaga dalam pemilu di tahun mendatang. Ia menyebut bahwa India akan mengalami  pertumbuhan luar biasa selama masa jabatan ketiganya.

Pada pembukaan Pragati Maidan di Delhi, Modi menyatakan: “Dari timur ke barat, utara ke selatan, infrastruktur India sedang berubah. Jembatan rel tertinggi di dunia ada di India, terowongan terpanjang yang ada di ketinggian tertinggi ada di India, stadion terbesar, patung terbesar — semuanya ada di India."

Ia melanjutkan pernyataannya dengan mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi akan mengikuti aspirasi nasional, dikutip dari laman khaama.com, Minggu (30/7/2023).

"Dalam periode pertama kami, India berada di posisi ke-10 dalam hal ekonomi. Dalam masa jabatan kedua saya, kita ada pada ekonomi terbesar kelima di dunia."

"Berdasarkan rekam jejak, saya akan membuat negara percaya bahwa ekonomi akan menjadi tiga besar dunia pada periode ketiga saya," tambahnya.

"Dalam masa jabatan ketiga saya, India akan berdiri di antara tiga ekonomi teratas."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bandingkan Pertumbuhan Ekonomi India di Masa Lalu

Dalam pidato politik yang diadakan di International Exhibition-cum-Convention Centre, yang sekarang dikenal sebagai “Bharat Mandapam”, Modi membandingkan pertumbuhan sembilan tahun terakhir dengan pertumbuhan enam dekade setelah Kemerdekaan.

"Dalam 60 tahun terakhir, India melistriki hanya 20.000 km jalur rel dibandingkan dengan 40.000 km yang dicapai oleh pemerintah saya dalam sembilan tahun terakhir. Setiap bulan, kami menyelesaikan jalur metro sepanjang 6 km. Pada tahun 2014, kapasitas Bandara Delhi sekitar 5 crore per tahun. Sekarang sudah 7,5 crore. Jumlah bandara sudah mencapai 150," ujar Modi dalam pesan kampanyenya.

Pemerintahan Modi akan menghadapi pemilihan nasional pada Mei 2024, dan dalam pelantikan hari ini, dia juga menjanjikan rakyat India akan kemakmuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.