Sukses

Apartemen 5 Lantai di Mesir Runtuh Tewaskan 12 Orang, Korban Diberi Kompensasi Rp29 Juta

Sebuah gedung apartemen 5 lantai runtuh di Kairo dan menewaskan sedikitnya 12 orang. Dua warga dilaporkan hilang.

Liputan6.com, Kairo - Sebuah gedung apartemen berlantai lima runtuh pada Senin 17 Juli 2023 di ibu kota Mesir, Kairo. Pihak berwenang setempat mengatakan insiden itu menyebabkan sedikitnya 12 orang tewas, sementara tim penyelamat terus mencari korban selamat di antara puing-puing.

"12 orang tewas dan upaya terus dilakukan untuk menemukan dua orang hilang," kata Wakil gubernur Kairo, Hossam Fawzi, seperti dikutip dari Associated Press (AP), Selasa (18/7/2023).

Bangunan runtuh umum terjadi di Mesir, di mana konstruksi yang buruk dan kurangnya pemeliharaan tersebar luas di kota-kota kumuh, lingkungan kota yang miskin, dan daerah pedesaan.

Kantor berita MENA yang dikelola pemerintah Mesir mengatakan tim penyelamat mengeluarkan jasad dari reruntuhan dan mengirim empat orang yang selamat ke rumah sakit, setelah insiden bangunan runtuh di lingkungan Hadaeq el-Qubbah Kairo -- kira-kira 2 mil (3,2 kilometer) dari pusat kota.

Hasil penyelidikan awal menyebutkan, Jaksa Penuntut Umum Mesir mengatakan bangunan ambruk itu kemungkinan disebabkan oleh salah satu penghuni lantai dasar yang memindahkan sejumlah tembok selama pekerjaan pemeliharaan sebelumnya. Warga laki-laki itu ditangkap dan sedang diinterogasi, katanya.

Kementerian Solidaritas Sosial Mesir mengatakan akan memberikan 60.000 pound Mesir (sekitar Rp29 juta) kepada keluarga sembilan korban. Kementerian juga mengatakan akan memberikan bantuan kepada yang terluka dan sedang memantau kerusakan properti di dekatnya.

Menurut laporan setempat, pasukan polisi menutup daerah itu saat tim penyelamat menyisir puing-puing untuk mencari kemungkinan korban selamat.

Pemerintah telah mencoba menindak bangunan ilegal dalam beberapa tahun terakhir setelah penegakan hukum yang lemah selama beberapa dekade. Selain itu, pihak berwenang juga membangun kota dan lingkungan baru untuk menampung mereka yang tinggal di daerah berisiko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gedung 5 Lantai di Mesir Ambruk, 6 Orang Dilaporkan Tewas

Sebelumnya, eEnam orang tewas dan satu lagi cedera pada Jumat (17/6) ketika sebuah bangunan berlantai lima runtuh di ibu kota Mesir, Kairo.

Dikutip dari laman Xinhua, Sabtu (18/6/2022) hal ini kata juru bicara Kementerian Kesehatan Mesir Hossam Abdel-Ghaffar kepada Xinhua.

Tidak ada korban lain yang ditemukan di bawah puing-puing setelah tragedi yang terjadi di distrik El-Weili Kairo pada pagi hari, katanya.

Menurut saksi, saat tim penyelamat sedang bekerja, pihak berwenang memeriksa keamanan sejumlah bangunan di dekat lokasi kecelakaan.

Bangunan itu tua dan punya ciri khas, dan pihak berwenang telah memerintahkan renovasi itu, tetapi pemilik bangunan itu tidak menanggapi, kata seorang wakil gubernur Kairo kepada media lokal.

3 dari 4 halaman

Apartemen di Brasil Runtuh Tewaskan 8 Orang, Dipicu Hujan Deras?

Sebuah gedung apartemen runtuh juga pernah terjadi di Kota Recife di timur laut Brasil. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya delapan orang, kata tim penyelamat.

Dua anak, berusia lima dan delapan tahun, termasuk di antara para korban ketika blok apartemen runtuh pada Jumat 7 Juli 2023.

Mengutip BBC, Sabtu (8/7/2023), sejauh ini penyebab runtuhnya apartemen di Brasil itu belum jelas, namun Recife diguyur hujan lebat beberapa hari ini.

Laporan mengatakan empat orang ditarik keluar dari reruntuhan hidup-hidup dan enam orang masih hilang di lingkungan Janga.

Apartemen runtuh itu terjadi di pinggiran Paulista Recife, di mana beberapa penduduk menyebut bangunan empat lantai jenis ini sebagai "coffin block" atau blok peti mati, mengeluhkan konstruksi yang buruk.

Para pejabat mengatakan bangunan itu runtuh Jumat 7 Juli 2023 sekitar pukul 06:35 waktu setempat (09.35 GMT), ketika banyak warga sedang tidur.

Globo News mengatakan, para korban juga termasuk seorang ibu berusia 43 tahun dan putranya yang berusia 19 tahun.

Gubernur setempat mengatakan pada hari Jumat bahwa akan terjadi lebih banyak hujan dan masyarakat harus memastikan bahwa mereka dapat mencapai bangunan yang aman.

4 dari 4 halaman

Bangunan 4 Lantai India Runtuh Sehari Usai Gempa, 3 Warga Tewas

Insiden bangunan runtuh juga pernah terjadi di India, dan lagi-lagi memakan korban jiwa.

"Sedikitnya tiga orang tewas dan puluhan lainnya dikhawatirkan terjebak setelah sebuah bangunan berlantai empat runtuh di India," kata para pejabat pada Selasa malam 24 Januari 2023 seperti dikutip dari AFP.

Wakil kepala menteri negara bagian Brajesh Pathak mengatakan tiga orang tewas dalam kecelakaan di kota utara Lucknow di negara bagian Uttar Pradesh.

Direktur Jenderal Polisi (DGP) negara bagian itu mengatakan, keruntuhan itu tampaknya akibat gempa bumi yang terjadi pada hari sebelumnya.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 melanda Nepal barat pada Selasa sore, sekitar 440 km dari Lucknow.

"30-35 orang harus terjebak," kata Direktur Jenderal Intelijen DGP Devendra Singh Chauhan kepada wartawan.

Tim polisi, Pasukan Tanggap Bencana Nasional sedang mencari mereka yang terjebak di bawah reruntuhan, tambah Chauhan.

Kantor Ketua Menteri Yogi Adityanath men-tweet bahwa "rumah sakit telah diperintahkan untuk tetap waspada".

Menurut data dari Biro Catatan Kejahatan Nasional, 1.630 orang tewas akibat runtuhnya bangunan pada tahun 2021.

Kecelakaan itu terjadi hanya beberapa minggu setelah pihak berwenang di Joshimath, salah satu kota paling suci di India, mulai mengevakuasi penduduk yang panik setelah ratusan rumah mulai retak dan tenggelam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini