Sukses

Buka Pameran Foto 70 Tahun Beasiswa Australia untuk Indonesia, Menlu Penny Wong: Sudah Ada 200 Ribu Alumni

Senator Penny Wong, Menteri Luar Negeri Australia, meresmikan pembukaan pameran foto "70 Years, 70 Faces: Australian Alumni in Indonesia" pada 12 Juli 2023, yang hadirkan prestasi alumni Indonesia dalam pameran ini.

Liputan6.com, Jakarta - Senator Penny Wong, Menteri Luar Negeri Australia, meresmikan pembukaan pameran foto "70 Years, 70 Faces: Australian Alumni in Indonesia" pada 12 Juli 2023 malam di Galeri Seni Emiria Seonassa, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Pameran ini jadi bagian penting dalam perayaan 70 tahun hadirnya beasiswa Australia di Indonesia.

"Beasiswa Australia: Australia Awards, adalah program beasiswa paling lama di Indonesia," ujar Menlu Penny Wong pada pidato pembukannya.

Sejak dimulainya program Colombo Plan pada tahun 1953, lebih dari 15.000 beasiswa telah diberikan oleh Australia kepada warga Indonesia.

"Hari ini, sudah lebih dari 200.000 alumni di Indonesia," tambahnya. Fakta ini menggarisbawahi hubungan pendidikan yang erat antara kedua negara.

Pameran foto yang diluncurkan kali ini menghadirkan prestasi yang luar biasa dari para alumni Indonesia. Dalam pameran ini, ada lebih dari 70 potret alumni Australia dipamerkan. Mencakup mereka yang lulus antara tahun 1965 hingga 2023. 

Dalam pidatonya, Penny Wong juga menceritakan rencana hubungan Australia-Indonesia dalam bidang pendidikan setelah pertemuan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo minggu lalu, pada Selasa 4 Juli 2023.

"Western Sydney University, Deakin University, dan Central Queensland University akan mendirikan kampusnya di Surabaya, Bandung, dan Balikpapan," ungkapnya.

Selain itu, akan diberikan juga beasiswa baru bagi warga Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas-universitas Australia yang ada di Indonesia. 

Seluruh langkah ini sejalan dengan kemitraan antara Australia Awards dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas kesempatan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang berkeinginan belajar di Australia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Alumni Hebat dari Colombo Plan

Menteri Wong, yang hadir dalam acara peluncuran pameran, juga bertemu dengan sejumlah alumni yang ikut serta dalam perayaan ini. Termasuk juga dua alumni yang pernah belajar di Australia pada tahun 1960-an melalui program Colombo Plan.

Salah satu sosok yang jadi sorotan adalah CEO pertama perusahaan telekomunikasi Indonesia, Koesmarihati Koesnowarso. Beliau dinobatkan sebagai Australian Alumni of the Year tahun 2023 yang juga merupakan lulusan wanita pertama dari Fakultas Teknik Universitas Tasmania pada tahun 1965, dan Professor Jonathan Limbong Parapak, yang juga meraih gelar Sarjana Teknik pada tahun 1966 dan Magister Teknik Elektro pada tahun 1969 di University of Tasmania, serta menjabat sebagai Rektor Universitas Pelita Harapan sejak tahun 2006.

Tak hanya dua orang hebat di atas, ikut serta juga pejabat senior pemerintahan, pemimpin bisnis, cendekiawan, peneliti, jurnalis, dan ilmuwan yang telah meraih berbagai penghargaan.

Kontribusi mereka tidak hanya dirasakan dalam komunitas mereka sendiri, tetapi juga dalam pembangunan Indonesia serta memperkuat hubungan bilateral Australia-Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini