Sukses

Nasib Hidup Penumpang di Kapal Selam Wisata Titanic yang Hilang Kontak Tinggal 16 Jam?

Dengan sisa oksigen sekitar 16 jam di kapal selam Titanic, tim penyelamat berjibaku dengan waktu untuk menyelamatkan para penumpang di dalamnya.

Liputan6.com, Cape Cod - Upaya pencarian dan penyelamatan besar-besaran untuk kapal selam yang hilang di dekat bangkai kapal Titanic telah memasuki tahap kritis, dengan hanya tersisa satu malam sebelum pasokan oksigen untuk lima orang di dalamnya habis.

Berdasarkan perkiraan sebelumnya bahwa kru memiliki sisa oksigen sekitar 16 jam, mengutip Channel News Asia, Kamis (22/66/2023), tim penyelamat pun berjibaku dengan waktu untuk menyelamatkan para penumpang di dalamnya.

Sejauh ini terpantau lonjakan aset dan ahli yang bergabung dalam operasi tersebut, dan sonar telah mendeteksi suara bawah air yang tidak dikenal. Namun tantangan untuk menemukan dan menyelamatkan kru hidup-hidup tampaknya semakin berat.

"Terkadang Anda berada dalam posisi di mana Anda harus membuat keputusan yang sulit. Kami belum sampai di sana," kata Kapten Penjaga Pantai AS Jamie Frederick, menambahkan bahwa upaya misi pencarian dan penyelamatan "100 persen".

Organisers of the multinational response (Pengatur respons multinasional) - yang mencakup pesawat militer AS dan Kanada dan robot teleguided - memfokuskan upaya mereka di dekat Atlantik Utara dengan mendeteksi underwater noises (suara bawah air) yang terdeteksi oleh sonar pada Selasa malam dan Rabu.

Suara-suara itu membangkitkan harapan agar para penumpang di dalam kapal wisata kecil itu masih hidup. Tetapi Penjaga Pantai AS mengatakan mereka tidak dapat dikaitkan secara positif dengan kapal selam yang hilang.

"Kami tidak tahu apa itu, sejujurnya," kata Kapten Frederick, yang menambahkan: "Kami harus tetap optimis dan berharap."

Penjaga Pantai mengatakan misi pencarian kapal selam Titan telah diperluas.

Area pencarian telah diperluas untuk mencakup bagian dari Atlantik Utara sekitar dua kali ukuran Connecticut dan sedalam 4 km.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Oksigen Diprediksi Habis Kamis 21 Juni 2023 Pagi, Tapi...

Titan, kapal sepanjang 6,7 meter yang terbuat dari serat karbon dan titanium, dirancang untuk beroperasi pada kedalaman maksimum 4.000 meter.

Kapal selam yang disebut Titan itu mulai turun pada pukul 08.00 pada Minggu 18 Juni dan dijadwalkan muncul kembali tujuh jam kemudian, menurut Penjaga Pantai AS. Kendati demikian tak kunjung muncul hingga kini.

Tim penyelamat, yang telah menerima bantuan dari seluruh dunia, memperkirakan bahwa penumpang mungkin kehabisan oksigen pada Kamis 21 Juni pagi waktu setempat, berdasarkan kapasitas kapal selam untuk menahan udara darurat hingga 96 jam.

Tetapi para ahli mengatakan pasokan udara tergantung pada berbagai faktor, termasuk apakah kapal selam masih memiliki kekuatan dan seberapa tenang penumpang di dalamnya.

Sebuah kapal induk di permukaan kehilangan semua komunikasi dengan Titan pada Minggu 18 Juni, sekitar satu jam 45 menit setelah beroperasi untuk menjelajahi situs Titanic, kapal yang tenggelam pada tahun 1912 dalam pelayaran trans-Atlantik pertamanya.

 

3 dari 4 halaman

Upaya Pencarian Internasional

Upaya pencarian dan penyelamatan telah menjadi operasi logistik internasional yang bergerak cepat. Otoritas AS dan Kanada berada di lokasi, sekitar 1.500 km sebelah timur Cape Cod, Massachusetts.

Prancis bahkan telah mengirimkan sebuah kapal yang dilengkapi dengan robot bawah air yang dapat masuk sedalam situs Titanic, sekitar 4.000 meter di bawah permukaan laut.

Tiga kapal lagi tiba di tempat kejadian pada Rabu pagi untuk terus membantu pencarian, kata Penjaga Pantai AS. Salah satunya, John Cabot, memiliki kemampuan sonar pemindaian samping dan melakukan pola pencarian bersama yang lain.

Beberapa kapal milik pribadi, satu dengan ruang dekompresi dan beberapa dengan perangkat pencarian bawah air, juga bersiap untuk bergabung dalam misi pemulihan. Ekspedisi OceanGate, operator perjalanan survei Titan dan Titanic, memimpin upaya pencarian bawah air karena pengetahuannya tentang situs tersebut.

Sebelumnya, sebuah klub eksplorasi internasional dengan pihak berwenang di Titan mengatakan "kemungkinan tanda-tanda kehidupan" telah terdeteksi, meningkatkan harapan penyelamatan.

Richard Garriott de Cayeux, presiden Explorers Club yang berbasis di New York, mengatakan di Twitter bahwa "data dari lapangan" telah memberikan harapan baru bagi klub.

"Kami memahami bahwa kemungkinan tanda-tanda kehidupan telah terdeteksi di lokasi tersebut," katanya. "Kami menunggu semoga kabar baik."

De Cayeux tidak merinci data apa yang dia maksud, atau memberikan rincian tentang apa itu "tanda-tanda kehidupan".

4 dari 4 halaman

Daftar Penumpang Kapal Selam Titan

The Explorers Club mengonfirmasi bahwa anggotanya yakni Hamish Harding, yang merupakan pendiri perusahaan investasi Action Group dan seorang petualang, dan pakar maritim Prancis Paul-Henri Nargeolet berada di kapal tersebut. Tiga lainnya adalah pendiri OceanGate, Stockton Rush, dan Shahzada dan Suleman Dawood, ayah dan anak dari salah satu keluarga terpandang di Pakistan.

The Explorers Club mengatakan terus mencoba untuk mendapatkan persetujuan untuk kendaraan bawah air spesialis yang dioperasikan dari jarak jauh milik perusahaan eksplorasi Magellan untuk bergabung dalam pencarian Titan. Peralatan Magellan dapat mencapai kedalaman hingga 6.000 meter dan telah turun ke bangkai kapal Titanic beberapa kali, kata de Cayeux.

"Kami percaya mereka dapat memberikan bantuan yang tak ternilai," katanya.

Magellan mengatakan dalam sebuah pernyataan di situs webnya bahwa pihaknya "sepenuhnya dimobilisasi untuk membantu". OceanGate telah meminta Magellan untuk menerbangkan peralatan dan kru yang diperlukan ke Newfoundland, kata Magellan.

Misi Titan diharapkan menjadi satu-satunya perjalanan berawak ke Titanic tahun ini karena cuaca buruk, tulis Harding di Instagram sebelumnya.

Titanic menabrak gunung es dan tenggelam pada April 1912 selama pelayaran perdananya dari Inggris ke New York. Dari 2.224 penumpang dan awak kapal, lebih dari 1.500 orang meninggal.

Bangkai kapal itu ditemukan pada tahun 1985 dan tetap menjadi daya pikat para ahli bahari dan wisatawan bawah air.

Tekanan pada kedalaman itu yang diukur di atmosfer adalah 400 kali lipat tekanan di permukaan laut.

Mike Reiss, seorang penulis di televisi Amerika yang mengunjungi bangkai kapal Titanic di kapal selam yang sama tahun lalu, mengatakan kepada BBC bahwa pengalaman itu membingungkan.

Prediksi Skenario Titan Menurut Ahli, Masalah Listrik Atau Tekanan Lambung Kapal

Profesor Alistair Greig, profesor teknik kelautan di University College London, telah menyarankan dua kemungkinan skenario berdasarkan gambar Titan.

Dia mengatakan jika ada masalah listrik atau komunikasi, kapal itu bisa muncul ke permukaan dan tetap mengambang, “menunggu untuk ditemukan” – mengingat kapal dilaporkan hanya dapat dibuka dari luar.

"Skenario lain adalah masalah tekanan lambung - kebocoran," katanya dalam sebuah pernyataan. "Maka prognosisnya tidak baik."

Pada tahun 2018, mantan direktur operasi kelautan OceanGate Expeditions David Lochridge menuduh dalam gugatan bahwa dia telah dipecat setelah menyampaikan kekhawatiran tentang "desain eksperimental dan belum teruji" dari kapal tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.