Sukses

Menara Lotte World Tertinggi ke-5 Dunia Dipanjat Pria Inggris Tanpa Pengaman, Pelaku Ditangkap Polisi Korea Selatan

Pria asal Inggris panjat gedung tertinggi dunia di Seoul tanpa bantuan alat apapun, ditangkap polisi setelah panjat setengah gedung.

Liputan6.com, Seoul - Seorang pria ditangkap usai memanjat gedung tertinggi kelima di dunia yang berlokasi di Seoul dengan tangan kosong, Senin (12/6) lalu.

Pihak berwenang menyebut bahwa pria Inggris itu ditahan setelah menaklukkan lebih dari setengah gedung pencakar langit itu, mengutip AP, Selasa (13/6/2023).

Untuk mengamankan pria itu, lebih dari 90 personel darurat, petugas polisi, dan anggota keamanan lainnya dikerahkan.

Gedung Lotte World Tower itu memiliki 123 lantai dengan ketinggian 555 meter (1.820 kaki).

Pria tersebut memanjat gedung pada pagi hari, kata dinas pemadam kebakaran Seoul dalam sebuah pernyataan.

Pria itu, berusia 20-an, berhasil mencapai lantai 72, yang tingginya sekitar 310 meter (1.020 kaki), sebelum akhirnya petugas membawanya dengan lift gondola dan memindahkannya ke dalam gedung.

Media Korea Selatan mengidentifikasi pria itu sebagai seorang free climber, pemanjat yang hanya mengandalkan kekuatan badan tanpa bantuan alat apapun.

Pria Inggris tersebut bernama George King-Thompson. 

Laporan menyebutkan bahwa King-Thompson membawa parasut dan mengatakan kepada polisi bahwa ia berencana melompat dari atas gedung.

Otoritas pemadam kebakaran dan polisi tidak segera mengkonfirmasi nama atau motif pria tersebut.

Polisi mengkonfirmasi mereka telah menahan pria tersebut, tetapi tidak ada rincian lebih banyak terkait tindakan selanjutnya.

Lotte Property & Development, yang mengoperasikan menara tersebut, mengatakan bahwa King-Thompson tidak mengalami luka serius. 

Sedangkan pernyataan pemadam kebakaran mengatakan bahwa sang pendaki menderita luka di lutut kanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Aksi Pertamanya

Rupanya aksinya di Korea Selatan bukanlah yang pertama, King-Thompson pernah ditangkap pada tahun 2019 setelah memanjat gedung tinggi, Shard, di London.

Gedung itu diketahui adalah yang tertinggi di Inggris. Pemilik gedung mengajukan tuntutan terhadapnya karena masuk tanpa izin, ia kemudian dijatuhi hukuman enam bulan penjara.

Aksi lainnya yaitu pada tahun 2021, King-Thompson mendaki Menara Stratosphere dengan 36 lantai, di London. Ia mencapai puncaknya dalam waktu kurang dari setengah jam. 

Ia mengatakan bahwa aksi dua tahun lalunya itu untuk meningkatkan kesadaran akan keseriusan perubahan iklim, dikaitkan dengan banjir bandang yang baru-baru itu melanda wilayah tersebut.

Tak hanya King-Thompson yang pernah mendaki Menara Lotte World.

Di tahun 2018, pendaki Prancis Alain Robert, yang dikenal sebagai "Spiderman" karena aksinya nekatnya, juga ditahan karena mendaki hingga lantai 75 menara tersebut.

Pihak Lotte Property & Development mengatakan, pejabat perusahaan diharapkan untuk mendiskusikan apa yang harus dilakukan dengan pria Inggris itu.

3 dari 4 halaman

'Spiderman Prancis' Beraksi Lagi, Kini Panjat Gedung 144 Meter dengan Putranya

Selain King-Thompson, "Spiderman Prancis" juga lakukan aksi yang sama menghebohkannya di Barcelona, Oktober lalu.

Alain Robert, pemanjat yang dijuluki "Manusia Laba-laba Prancis" atau "Spiderman Prancis" kembali beraksi. Ia memanjat salah satu gedung pencakar langit tertinggi di Barcelona pada Sabtu 1 Oktober 2022, tanpa menggunakan tali pengaman.

Untuk pertama kalinya, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (2/10/2022), pria Prancis itu melakukan aksinya dengan sang putra.

"Kali ini berbeda. Anak saya bukan pendaki jadi saya merasa bertanggung jawab," kata Robert kepada Reuters. "Saya tahu dia sudah besar, 34 tahun. Ini keputusannya sendiri, tapi pada akhirnya saya adalah ayahnya."

Warga dan polisi Spanyol menyaksikan pria berusia 60 tahun itu dan putranya, Julien, memanjat Torre Glories setinggi 144 meter, yang sebelumnya bernama Torre Agbar.

Torre Glories adalah sebuah gedung perkantoran berlapis kaca yang dirancang oleh arsitek Jean Nouvel dan terkenal dengan iluminasi malam hari.

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Pasangan Nekat Panjat Gedung Tertinggi Kedua di Dunia, Kini Diburu Polisi Malaysia

Serupa dengan dua kasus di atas, kali ini aksi panjat gedung dilakukan oleh sepasang kekasih asal Rusia.

Pasangan kekasih yang dikenal kerap melakukan aksi ekstrem, Ivan Beerkus dan Angela Nikolau, kembali menarik perhatian publik. Kali ini pasangan asal Rusia tersebut memanjat gedung kedua tetinggi di dunia, Merdeka 118, yang berlokasi di Kuala Lumpur Malaysia.

Melansir dari New Straits Times, Minggu, 1 Januari 2023, aksi ekstrem tersebut akhirnya membuat pasangan ini diburu kepolisian. Hal ini lantaran aksi yang mereka lakukan dianggap berbahaya dan ilegal.

Kedua pasangan tersebut juga sempat mengunggah foto saat memanjat gedung tertinggi di Malaysia itu. Melalui akun Instagram @beerkus, sebuah video menunjukkan keduanya sedang berada di puncak tertinggi gedung Merdeka 118.

"Bagian atas Merdeka 118 (679 meter). Ini adalah gedung tertinggi kedua di dunia! Aku tidak bisa mendeskripsikan emosiku. Ini gedung paling cantik yang pernah aku datangi," tulis Beerkus dalam video tersebut.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini