Sukses

Pasangan Nekat Panjat Gedung Tertinggi Kedua di Dunia, Kini Diburu Polisi Malaysia

Kedua pasangan tersebut juga sempat mengunggah foto saat memanjat gedung tertinggi di Malaysia itu.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan kekasih yang dikenal kerap melakukan aksi ekstrem, Ivan Beerkus dan Angela Nikolau, kembali menarik perhatian publik. Kali ini pasangan asal Rusia tersebut memanjat gedung kedua tetinggi di dunia, Merdeka 118, yang berlokasi di Kuala Lumpur Malaysia.

Melansir dari New Straits Times, Minggu, 1 Januari 2023, aksi ekstrem tersebut akhirnya membuat pasangan ini diburu kepolisian. Hal ini lantaran aksi yang mereka lakukan dianggap berbahaya dan ilegal.

Kedua pasangan tersebut juga sempat mengunggah foto saat memanjat gedung tertinggi di Malaysia itu. Melalui akun Instagram @beerkus, sebuah video menunjukkan keduanya sedang berada di puncak tertinggi gedung Merdeka 118.

"Bagian atas Merdeka 118 (679 meter). Ini adalah gedung tertinggi kedua di dunia! Aku tidak bisa mendeskripsikan emosiku. Ini gedung paling cantik yang pernah aku datangi," tulis Beerkus dalam video tersebut.

Sementara Nikolau dalam unggahan di Twitter mengatakan, bahwa dia tidak ditahan saat memanjat menara, yang belum dibuka untuk umum. "Saya melakukan sesuatu yang gila dan lolos dari penjara. Itu adalah mimpi buruk yang hidup tetapi dengan akhir yang bahagia," ujarnya.

Dalam video itu, Angela terlihat memakai tube top merah yang dipadukan dengan celana berwarna senada. Ivan sendiri tampak menggunakan kaus dan celana hitam serta mengendalikan drone yang mereka pakai untuk mengabadikan momen tersebut. Kepala Kepolisian Kula Lumpur, Datuk Yahya Othman, mengatakan pasangan tersebut akan dipanggil karena foto dan video mereka yang viral ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengaku Bangga

Keduanya pun terancam dikenai hukuman jika terbukti bersalah.  "Mereka akan diinvestigasi dengan pasal masuk tanpa izin. Namun kami belum menerima laporan dari pemilik gedung mengenai insiden ini," terang Datuk Yahya Othman.

Dalam sebuah foto yang sudah dihapus, Ivan terlihar menaiki gedung dengan tangga internal. Tangga itulah yang membantu Ivan dan Angela mencapai puncak gedung.Angela juga mengaku bangga bisa mencapai puncak gedung Merdeka 118 itu. Hal ini ia ungkapkan melalui akun Twitter @AngelaNikolau_.

"Suatu kehormatan bagi saya untuk berada di sana. Saya telah memimpikannya sejak lama! Sangat senang dan bersyukur bisa menyaksikan kecantikan ini," tulis Angela.

Pasangan ini dikenal karena aksi berani mereka, Kabarnya mereka telah mendaki beberapa gedung pencakar langit di seluruh dunia

Selain kedua pasangan tersebut, sebelumnya ada beberapa orang yang tak kalah nekat dengan memanjat gedung-gedung pencakar langit. Salah satunya adalah seorang pria pendaki yang dikenal seagai SpiderMan Prancis yaitu Alain Robert.

 

3 dari 4 halaman

Tanpa Tali

Di tahun ini, ia menandai ulang tahunnya yang ke-60 dengan mendaki gedung pencakar langit 48 lantai di Paris tanpa perlengkapan keselamatan apa pun.  Alain Robert memanjat Menara TotalEnergies di kawasan bisnis Défense tanpa menggunakan tali atau tali kekang, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (18/9/2022).

"Saya ingin mengirim pesan kepada orang-orang bahwa berusia 60 tahun bukanlah apa-apa. Anda masih bisa berolahraga, aktif, melakukan hal-hal luar biasa," katanya, melansir kanal Global Liputan6.com, 18 September 2022.  Setelah mencapai puncak menara, ia dilaporkan ditangkap.

Robert dikenal karena memanjat gedung-gedung tinggi di seluruh dunia. Prestasinya yang berani termasuk mencapai puncak Burj Khalifa Dubai - gedung tertinggi di dunia. Dia biasanya melakukan aksinya tanpa pemberitahuan atau izin sebelumnya dan telah ditangkap beberapa kali. Hal itu tak pernah membuatnya jera.

Terbukti, ia kembali memanjat salah satu gedung pencakar langit tertinggi di Barcelona pada Sabtu 1 Oktober 2022, tanpa menggunakan tali pengaman.Untuk pertama kalinya, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (2/10/2022), pria Prancis itu melakukan aksinya dengan sang putra.

4 dari 4 halaman

SpiderMan Prancis

"Kali ini berbeda. Anak saya bukan pendaki jadi saya merasa bertanggung jawab," kata Robert. "Saya tahu dia sudah besar, 34 tahun. Ini keputusannya sendiri, tapi pada akhirnya saya adalah ayahnya."Warga dan polisi Spanyol menyaksikan pria berusia 60 tahun itu dan putranya, Julien, memanjat Torre Glories setinggi 144 meter, yang sebelumnya bernama Torre Agbar.

Torre Glories adalah sebuah gedung perkantoran berlapis kaca yang dirancang oleh arsitek Jean Nouvel dan terkenal dengan iluminasi malam hari."Saya merasa sangat stres. Saya tidak pernah merasa begitu takut dalam hidup saya," kata Julien si SpiderMan Prancis sebelum mereka memulai aksinya. "Saya telah melakukan hal-hal menakutkan dalam hidup, tapi ini ... Saya tidak pernah begitu takut untuk hidup saya. Untungnya, saya memiliki ayah saya yang akan berbicara dengan saya, yang akan membimbing saya."

Pasangan itu menyelesaikan pendakian dalam waktu kurang dari satu jam dan ditemui polisi di puncak, yang mengawal mereka dengan cara yang lebih tradisional - di dalam gedung - dan tidak menangkap mereka.

Julien, yang menghabiskan delapan tahun di ketentaraan dan juga merupakan olahragawan, bersiap melakukan pendakian pertamanya dengan menonton video pendakian ayahnya sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.