Sukses

Erdogan Resmi Dilantik Jadi Presiden Turki Lagi, Janjikan Perbaikan Ekonomi

Recep Tayyip Erdogan (69) telah resmi dilantik jadi presiden Turki untuk periode ketiga-nya, pada Sabtu 3 Juni 2023.

Liputan6.com, Ankara - Recep Tayyip Erdogan (69) telah resmi dilantik jadi presiden Turki untuk periode ketiga-nya, pada Sabtu 3 Juni 2023.

Dikutip dari SCMP (4/6/2023), selama pidato pelantikannya, Erdogan berjanji untuk memperkuat tangan diplomatik Turki di seluruh dunia, sementara di dalam negeri, ia menjanjikan konstitusi baru yang inklusif dan perbaikan ekonomi.

"Kami berjanji untuk bekerja dengan segenap kekuatan kami untuk melindungi kejayaan Republik Turki, meningkatkan reputasinya di dunia," kata Erdogan dalam sebuah upacara di istana kepresidenannya di Ankara, yang dihadiri oleh perwakilan dari hampir 80 negara dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Erdogan, yang memenangkan pemilihan presiden 28 Mei untuk mendapatkan masa jabatan lima tahun lagi, mulai menjabat sebelumnya pada hari Sabtu saat ia bersumpah di parlemen.

Pemilihannya kembali, setelah 20 tahun berkuasa, terjadi di tengah krisis biaya hidup terburuk dalam dua dekade, tantangan regional dan gempa bumi dahsyat Februari.

"Proses pemilihan sekarang ada di belakang kita; Turki telah memasuki jalan baru," katanya. "Abad Turki telah dimulai," kata Erdogan, mengulangi slogan kampanyenya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabinet Baru, Berfokus pada Pemulihan Ekonomi Turki

Erdogan segera mengumumkan kabinet baru-nya, serta mengisyaratkan bahwa pemerintahnya yang baru terpilih akan kembali ke kebijakan ekonomi yang lebih ortodoks untuk mengatasi krisis biaya hidup Turki dan berbagai ketegangan lainnya.

Menteri keuangan terbaru Erdogan, Mehmet Simasek, ditugaskan untuk dapat mengatur kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang. Ini menunjukkan perubahan haluan, kata analis, di mana biasanya Erdogan memangkas suku bunga meskipun inflasi melonjak.

Kabinet baru Turki juga termasuk Wakil Presiden Cevdet Yilmaz, manajer ekonomi ortodoks lainnya; dan mantan kepala Organisasi Intelijen Nasional Hakan Fidan sebagai menteri luar negeri, menggantikan Mevlut Cavusoglu.

Selain Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan pejabat tinggi lainnya juga menghadiri pelantikan Erdogan.

Perubahan nyata pada ekonomi diharapkan untuk terjadi karena banyak analis mengatakan pasar Turki yang besar sedang menuju gejolak mengingat cadangan devisa yang menipis, skema deposito terlindungi yang didukung negara yang meluas, dan ekspektasi inflasi yang tidak terkendali.

Program ekonomi Erdogan sejak 2021 menekankan stimulus moneter dan kredit yang ditargetkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, ekspor dan investasi, menekan bank sentral untuk bertindak dan sangat mengikis independensinya.

Akibatnya, inflasi tahunan puncak mencapai di atas 85% tahun lalu sebelum mereda --terburuk selama 24 tahun untuk Turki.

Lira telah kehilangan lebih dari 90% nilainya dalam dekade terakhir setelah serangkaian kecelakaan, yang terburuk pada akhir 2021. Ini mencapai posisi terendah baru sepanjang masa lebih dari 20 terhadap dolar setelah pemungutan suara 28 Mei.

Pemimpin terlama Turki, Erdogan memenangkan 52,2% dukungan dalam putaran kedua, menentang jajak pendapat yang memperkirakan ketegangan ekonomi akan menyebabkan kekalahannya.

Mandat barunya akan memungkinkan Erdogan untuk mengejar kebijakan yang semakin otoriter yang telah mempolarisasi negara, tetapi memperkuat posisinya sebagai kekuatan militer regional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini