Sukses

Pemilihan Wali Kota Toronto Kanada Diikuti 102 Kandidat, Salah Satunya Anjing Usia 7 Tahun

Pemungutan suara awal untuk memilih calon wali kota Toronto, Kanada, berlangsung pada 8-13 Juni 2023.

Liputan6.com, Ottawa - Lebih dari 100 kandidat, termasuk mantan kepala polisi, komedian, bahkan seekor anjing, bersaing untuk mendapatkan kesempatan menjadi wali kota Toronto, Kanada.

Dilansir The Guardian, Rabu (17/5/2023), tepatnya 102 orang telah secara resmi mendaftar sebagai kandidat calon wali kota Toronto dalam pemilihan yang akan digelar pada akhir Juni.

Molly, seekor anjing penyelamat berusia tujuh tahun menjadi salah satu kandidat yang mendaftar pada detik-detik terakhir. Pemiliknya, Toby Heaps, tiba di balai kota dengan sepatu roda dan menyatakan dia adalah perwakilan anjingnya.

Toby menuturkan bahwa kekhawatiran terbesar Molly adalah penggunaan garam di jalan pada musim dingin di kota itu, yang melukai kakinya. Kemenangan Molly, klaim Toby, akan menghasilkan lebih banyak "wacana yang beradab" selama rapat dewan.

"Anda mungkin memperhatikan ketika ada binatang di dalam ruangan, orang jadi lebih manusiawi," ujar Toby.

Pemilihan wali kota Toronto berlangsung setelah John Tory yang menjabat wali kota tiga periode tiba-tiba mengundurkan diri pada Februari, usai mengaku selingkuh dengan mantan anggota stafnya. Padahal, Tory baru memenangkan pemilihan ulang  empat bulan sebelumnya.

Wakil Wali Kota Jennifer McKelvie saat ini menjabat sebagai wali kota sementara dan dia tidak ikut mencalonkan diri dalam pemilihan berikutnya.

Olivia Chow, yang menempati posisi ketiga dalam pemilihan wali kota 2014 yang dimenangkan Tory, dipandang sebagai calon unggulan saat ini. 

Namun, Perdana Menteri Ontario Doug Ford dikabarkan mendukung mantan kepala polisi Mark Saunders.

"Kita membutuhkan seseorang yang memiliki pengalaman menangani kejahatan... Kita membutuhkan seseorang yang mengetahui Toronto seutuhnya, bukan lingkungan kecil yang telah mereka wakili, tetapi seluruh Toronto," ujar Ford.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kandidat Wali Kota Termuda

Hal unik lainnya dalam pemilihan wali kota Toronto adalah keikutsertaan seorang siswa Kelas 12, Meir Straus. Salah satu yang menjadi fokus Straus adalah keberadaan bangku panjang yang tidak nyaman.

Dalam kampanyenya, Straus menggarisbawahi bahwa dirinya adalah kandidat termuda, sehingga dia yakin tidak akan meninggal saat menjabat.

Straus juga menuturkan bahwa karena dia belum menikah maka dia tidak akan berselingkuh.

Pemungutan suara awal dalam pemilihan wali kota Toronto berlangsung pada 8-13 Juni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini