Sukses

Imbas Pertunjukan Pole Dance di Gereja, Pendeta Prancis Diancam Dibunuh

Daniel Boessenbacher, seorang pendeta Prancis, mendapat ancaman pembunuhan setelah pertunjukan pole dance atau tari tiang seksi diadakan di gerejanya.

Liputan6.com, Strasbourg - Daniel Boessenbacher, pendeta di gereja Protestan Saint-Guillaume di Strasbourg, Prancis timur menerima ancaman pembunuhan setelah pertunjukan pole dance atau tari tiang seksi diadakan di gerejanya.

Melansir dari The Guardian, Rabu (5/4/2023), 1.000 tiket untuk pertunjukan tersebut telah terjual dengan sangat cepat.

Boessenbacher mengatakan kepada AFP bahwa ia telah memberi tahu polisi tentang ancaman tersebut setelah menerima dua surat anonim bernada mengancam. "Tidak diragukan lagi, ini tentang pertunjukan yang melibatkan Stabat Mater dan pole dancing," ujarnya.

Salah satu surat ancaman mengatakan "umat paroki harus dipenggal" dan mengatakan "ini bukan gereja, ini kabaret". Sementara ada yang berkata kepada Boessenbacher bahwa "kepalanya harus dipotong karena ia menyerahkan kunci gereja suci kita kepada sekelompok penari".

Boessenbacher juga mengatakan bahwa ia menemukan catatan yang tertulis "Anda akan mati" atau "Anda akan masuk neraka" terselip di bawah pintu gereja.

"Kami terbiasa mendapat reaksi, tetapi tidak mendapat ancaman pembunuhan," kata pendeta berusia 54 tahun itu.

"Mereka tidak menghalangi saya sama sekali," lanjutnya. "Saya pikir gereja perlu membuka diri terhadap dunia."

Gereja Disewa

Sebuah asosiasi musik dan seni pertunjukan barok, Passions Croisées (Interwoven Passions), menyewa gereja minggu lalu untuk dua pertunjukan rangkaian lirik Stabat Mater karya Giovanni Battista Pergolesi, yang mereka gabungkan dengan sejumlah tarian dan pole dance.

 

Surat kabar Dernières Nouvelles d'Alsace mengatakan tarian tiang oleh pesenam dan mantan juara tari tiang Prancis Vincent Grobelny "terampil, atletis, anggun, kurang sopan, beberapa orang akan mengatakan itu seksi, dan membuat penonton terkesiap".

Boessenbacher menggambarkan acara malam itu sebagai "genit, tetapi lembut", seraya mengakui bahwa memang beberapa orang tidak menyukainya.

Tari tiang terkadang dianggap identik dengan pertunjukan erotis dan klub seks, tetapi juga merupakan olahraga atletik terampil yang membutuhkan tingkat kebugaran dan dedikasi yang tinggi.

Ada banyak kompetisi tari tiang nasional dan internasional. Bahkan, International Pole Sports Federation (Federasi Olahraga Tari Tiang Internasional) sedang melobi agar olahraga tersebut dimasukkan ke dalam Olimpiade.

Dua pertunjukan yang menggabungkan opera dan tari tiang pun akan dijadwalkan di Gereja Saint-Guillaume lagi pada 31 Mei dan 1 Juni mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beberapa Manfaat Pole Dance

Bicara soal pole dancing atau tarian tiang, ternyata itu adalah salah satu aktivitas yang membuat seluruh tubuh Anda bekerja, tetapi juga baik untuk pikiran dan jiwa.

Karena itu, kita bisa melihat manfaat yang dapat diperoleh dari tari tiang sebagai aktivitas kebugaran dan olahraga.

Salah satu manfaat dari tari tiang adalah dapat melatih inti tubuh dan otot. 

"Pole adalah latihan inti yang fantastis. Anda tidak perlu melakukan sit up atau crunch lagi, dan seiring berjalannya waktu, six pack itu akan menjadi milik Anda," ucap Joanna Pawelczyk, seorang atlet tari tiang dari X-Pole SA, dilansir dari News24.

"Sebagai seseorang yang melakukan angkat beban di gym secara religius empat hingga lima kali seminggu sebelum saya memulai pole, saya dapat dengan yakin mengatakan bahwa tidak ada gym yang memberi saya tubuh kencang yang sama dengan pole", lanjut Pawelczyk.

Selain itu, gerakan pole fitness akan mengembangkan otot punggung menjadi sangat kuat.

"Ini, dikombinasikan dengan inti yang kuat, berarti berkurangnya cedera dari kehidupan sehari-hari. Anda tidak perlu pria untuk membawa barang belanjaan atau memindahkan sofa Anda, Anda bisa melakukannya sendiri!" kata Pawelczyk.

3 dari 4 halaman

Pole Dance Bisa Turunkan Berat Badan

Jika latihan inti dan kardio yang kuat tidak cukup untuk meyakinkan Anda, mungkin pengencangan bisa dilakukan.

Pawelczyk menjelaskan bahwa kebugaran tiang adalah olahraga intensif tubuh bagian atas sehingga lengan, bahu, dan perut Anda akan menjadi yang pertama untuk ditingkatkan.

"Anda tidak akan pernah menjadi besar atau besar karena Anda selalu bekerja dengan berat badan alami Anda. Otot dada (pektoral) Anda berkembang dengan tiang yang memiliki efek yang sama seperti melakukan banyak push up, hanya saja tidak membosankan, dan Anda tidak memerlukan bra ajaib untuk daya angkat ekstra itu."

Ia juga mengatakan bahwa pose tertentu di tiang juga melatih paha bagian dalam dan paha depan, tetapi latihan kaki yang sebenarnya berasal dari melakukan latihan peregangan dinamis, yang tidak hanya melatih bokong Anda secara fantastis tetapi juga membuat Anda lebih fleksibel pada saat yang bersamaan.

Sehubungan dengan penurunan berat badan beberapa kilo, Pawelczyk mengatakan bahwa kebugaran tiang "pasti dapat membantu menurunkan berat badan juga, tetapi seperti bentuk olahraga lainnya, itu tidak akan membuat Anda menurunkan berat badan jika Anda hanya melakukannya seminggu sekali. Saya merekomendasikan tiga hingga empat kali seminggu minimum, dan tentu saja, diet seimbang yang sehat."

Tarryn Knight, atlet profesional tari tiang lainnya, mengatakan hal senada.

"Sementara saya selalu diberkati dengan fisik yang atletis, saya pasti dapat memastikan bahwa definisi otot saya jauh lebih menonjol saat saya berlatih. Saya telah melihat teman kebugaran tiang saya mengembangkan otot perut, bisep, dan trisep yang jelas. Bahkan latihan pengkondisian yang kami lakukan di luar tiang adalah latihan yang sangat bagus untuk semua area tubuh", tegas Knight.

4 dari 4 halaman

Pole Dance juga Hasilkan Metabolisme yang Sehat Hingga Tingkatkan Keseimbangan Tubuh

Tidak hanya itu, tari tiang juga dapat membantu membuat metabolisme yang sehat pada tubuh kita.

"Teman-teman tiang saya bersumpah bahwa mereka membakar makanan lebih cepat saat mereka berlatih untuk pertunjukan atau kompetisi. Karena salah satu teman kutub kami memiliki toko roti, peningkatan metabolisme adalah efek samping yang disambut baik karena kami selalu menyajikan kue mangkuk lezatnya di belakang panggung!" cerita Knight.

Ia juga mengatakan bahwa kebugaran dari tari tiang telah memberinya kebiasaan makan yang banyak, terutama ketika ia berlatih ekstra keras.

"Saya makan sarapan dan sarapan kedua, kudapan sebelum makan siang, makan siang, kudapan sebelum minum teh, teh, kudapan jam empat saya, sebelum makan malam dan kemudian makan malam. Terkadang saya makan kudapan setelah makan malam jika saya masih bangun bekerja."

Atlet tari tiang makan makanan biasa, tetapi berusaha untuk tetap sehat dengan banyak buah-buahan dan sayuran dan protein.

Tari tiang juga bagus untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangan.

Pole fitness nyatanya membutuhkan koordinasi dan keseimbangan yang luar biasa. Misalnya, belajar mengendalikan putaran, belokan, dan pivot akan memperkuat otot di seluruh tubuh Anda.

"Kekuatan punggung dan inti diperlukan untuk kebugaran tiang dan bahan-bahan yang sama ini memungkinkan postur tubuh yang baik. Postur yang baik penting untuk fungsi paru-paru yang optimal, pencernaan yang sehat, tulang belakang yang sehat, dan pikiran yang waspada dan aktif," jelas Knight.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.