Sukses

26 Orang Tewas dan 1 Kota 'Musnah' Akibat Tornado Mematikan di AS, Joe Biden Kerahkan Bantuan

Liputan6.com, Misissippi - Setidaknya 26 orang tewas akibat tornado di Mississippi dan Alabama, negara bagian Amerika Serikat bagian selatan yang melanda sejak Jumat 24 Maret 2023.

Upaya pencarian dan penyelamatan terus berlanjut, dan pemerintah negara bagian Mississippi telah mengumumkan keadaan darurat, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (26/3).

Di kota Rolling Fork --yang terdampak paling parah pada badai akhir pekan-- mobil yang hancur, batu-bata, dan kaca berserakan di jalanan. Wilayah itu hampir sepenuhnya porak-poranda.

Kota itu digambarkan oleh seorang penduduk sebagai "telah musnah," demikian seperti dikutip dari CNN.

Banyak bangunan dan rumah di Rolling Fork rata dengan badai, menurut Walikota Eldridge Walker. "Hanya ada segelintir bangunan yang tidak rusak seperti kebanyakan yang lain," katanya.

Seorang warga mengatakan bahwa dia beruntung bisa selamat setelah berlindung di bak mandinya.

Mendekati lingkungan di Sharkey County barat, ada sedikit indikasi sesuatu yang tidak biasa.

Lahan pertanian subur yang mengelilinginya sama sekali tidak tersentuh, pepohonan bahkan tidak bengkok oleh angin.

Namun rumah-rumah yang berada di jalur tornado justru hancur. Mereka telah sepenuhnya dilenyapkan.

Rumah tempat keluarga dan teman berkumpul kurang dari 24 jam sebelumnya, siap untuk akhir pekan, telah menjadi puing-puing.

Lebih dari 20 juta orang berisiko mengalami badai hebat di sebagian besar Amerika Serikat bagian Selatan dan sebagian Midwest pada hari Minggu. Ancaman utama adalah angin yang merusak, hujan es, dan tornado yang terisolasi saat badai mendorong Pantai Timur pada Sabtu malam --menurut CNN.

Risiko tingkat 3 dari 5 untuk badai parah telah dikeluarkan di sebagian Louisiana timur, Mississippi tengah-selatan, dan Alabama tengah-selatan.

Beberapa putaran badai mungkin terjadi sepanjang hari pada hari Minggu. Putaran pertama badai hebat kemungkinan besar akan berlangsung di sebagian Alabama dan Georgia pada Minggu pagi, membawa serta ancaman hujan es besar. Badai ini kemudian akan mendorong ke timur menuju Carolina pada Minggu sore dengan ancaman angin yang merusak.

Badai tambahan diperkirakan akan terbentuk di bagian timur Texas pada Minggu sore dan diperkirakan akan mendorong ke Louisiana, Mississippi, dan akhirnya Alabama hingga siang dan malam.

Ancaman Level 1 dari 5 termasuk Rolling Fork dan Silver City, Mississippi, yang rusak parah akibat tornado Jumat malam.

Banjir juga dapat menimbulkan ancaman di sebagian wilayah Selatan karena curah hujan tambahan 2 hingga 4 inci mungkin terjadi hingga hari Minggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut:

3 dari 4 halaman

Respons Presiden Joe Biden

Presiden Joe Biden berbicara dengan para pejabat setelah tornado yang mematikan dan mengatakan dia "berdoa untuk mereka yang kehilangan orang yang dicintai dalam tornado yang menghancurkan di Mississippi dan untuk mereka yang orang yang dicintainya hilang."

Biden juga berjanji untuk "memfokuskan dukungan federal di tempat yang paling membutuhkan," ujarnya dalam pernyataan itu.

Gubernur Mississippi Tate Reeves telah mengeluarkan Keadaan Darurat di semua kabupaten yang terkena badai parah, menurut rilis.

"Saya hancur oleh kehancuran dan hilangnya nyawa yang disebabkan oleh badai ini," kata Reeves. Dia berjanji negara bagian Mississippi akan melakukan segalanya untuk mengirimkan sumber daya kepada mereka yang membutuhkan dan membantu mereka membangun kembali.

Dan Sekretaris Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas mengatakan dalam sebuah tweet bahwa departemennya akan "memberikan dukungan kepada masyarakat yang terkena dampak" di Mississippi melalui FEMA.

4 dari 4 halaman

1 Kota 'Lenyap'

Upaya pencarian dan penyelamatan korban badai dimulai setelah tornado yang dikonfirmasi melanda kota Silver City dan Rolling Fork.

Rolling Fork di Misissippi merupakan sebuah kota (township) dengan penduduk kurang dari 2.000 orang dan hidup di bawah ancaman banjir.

Tormado yang meratakan sebagian besar komunitas Rolling Fork dinilai dengan kekuatan EF-4, menurut anggota tim Layanan Cuaca Nasional yang mengamati kerusakan. Ahli meteorologi Bill Parker mengatakan kepada CNN bahwa mereka memperkirakan kota itu melihat angin maksimum 170 mil per jam.

Setidaknya ada 11 laporan tornado di Mississippi dan Alabama selama 24 jam terakhir, menurut Pusat Prediksi Badai. Laporan ini termasuk badai yang melanda Rolling Fork, Silver City, dan Winona di Mississippi.

Badai mematikan listrik ke lebih dari 83.000 rumah dan bisnis di seluruh Alabama, Mississippi dan Tennessee pada Sabtu pagi, menurut situs pelacakan PowerOutage.us . Listrik tetap padam untuk sekitar 25.000 pelanggan pada Sabtu malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.