Sukses

Penikaman di Kereta Jerman Tewaskan 2 Orang, 7 Lainnya Terluka

Peristiwa penikaman terjadi di salah satu kereta Jerman, sejumlah orang dilaporkan meninggal dunia.

Liputan6.com, Brokstedt - Peristiwa penikaman terjadi di salah satu kereta Jerman, sejumlah orang dilaporkan meninggal dunia.

"Seorang pria bersenjatakan pisau yang digambarkan sebagai orang Palestina tanpa kewarganegaraan telah menikam dua orang secara fatal dan melukai tujuh lainnya di sebuah kereta api di Jerman utara, sebelum dibekuk oleh penumpang dan ditangkap oleh polisi," kata para pejabat.

Motif serangan yang terjadi Rabu 25 Januari 2023 itu sejauh ini belum diketahui.

Kepolisian Federal Jerman mengatakan tersangka menggunakan pisau untuk menyerang beberapa penumpang, sesaat sebelum kereta regional yang berangkat dari Kiel ke Hamburg tiba di stasiun Brokstedt.

Juru bicara kepolisian Juergen Henningsen dari kota terdekat Flensburg mengatakan dua orang yang ditusuk tewas setelah serangan pisau itu. Tiga orang luka berat dan empat lainnya luka ringan. Tidak ada rincian yang diberikan tentang identitas para korban.

"Penyerang juga terluka dan dibawa ke rumah sakit," kata polisi.

Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser mengungkapkan keterkejutannya atas serangan brutal tersebut.

"Serangan pisau di kereta regional adalah berita yang mengejutkan. Semua pikiran kami bersama para korban dari tindakan mengerikan ini dan keluarga mereka," katanya.

"Latar belakang kejahatan sekarang sedang diselidiki dengan kecepatan penuh," tambah Faeser. "Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada polisi dan petugas penyelamat yang merespons.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dikecam

Pihak berwenang mengatakan mereka pertama kali diberitahu tentang insiden tersebut sesaat sebelum jam 3 sore. ketika beberapa penumpang di kereta melakukan panggilan darurat ke polisi.

Polisi mengatakan kereta dihentikan dan penyerang ditahan di luar kereta setelah beberapa penumpang menahannya sampai petugas datang untuk menahannya.

Menteri Dalam Negeri Negara Bagian Schleswig-Holstein, Sabine Suetterlin-Waack, mengutuk serangan itu.

"Mengerikan," kata Suetterlin-Waack kepada penyiar publik Jerman NDR. "Kami terkejut dan ngeri bahwa hal seperti ini telah terjadi."

Dia kemudian mengatakan kepada situs DPA bahwa penyerangnya adalah seorang pria Palestina berusia 33 tahun.

Polisi daerah dan polisi federal berada di tempat kejadian dan kantor kejaksaan sedang menyelidiki serangan tersebut, lapor NDR.

3 dari 4 halaman

120 Penumpang Saat Serangan Terjadi

Ada sekitar 120 penumpang di dalam kereta saat serangan itu terjadi, lapor DPA. Sekitar 70 dari mereka diinterogasi oleh polisi di sebuah restoran terdekat setelah kejadian tersebut.

Beberapa tim forensik juga berada di lokasi, dan penyelidik dengan pakaian pelindung putih bekerja di dekat rel dan stasiun kereta.

Yang lainnya berjalan melintasi peron dengan kamera, di sebelahnya kereta regional "RE70 Hamburg Hbf" tempat terjadinya serangan. Sebuah toko roti yang terletak beberapa meter dari stasiun menyajikan minuman panas dan makanan panggang kepada para pekerja dan penumpang, lapor dpa.

 

4 dari 4 halaman

Layanan Kereta Ditutup

Stasiun kereta api di Brokstedt ditutup selama beberapa jam dan lalu lintas kereta api di Jerman utara tertunda.

Operator kereta Deutsche Bahn menyatakan belasungkawa pada Rabu malam dengan mengatakan bahwa "simpati kami yang terdalam ditujukan kepada kerabat para korban. Kami berharap mereka yang terluka pulih dengan cepat dan lengkap."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.