Sukses

PM Anwar Ibrahim dan Jokowi Bakal Bahas Investasi IKN hingga Isu WNI Hari Ini

Kedua pemimpin negara sahabat, Anwar Ibrahim dan Jokowi akan membahas sejumlah isu penting hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Kunjungan yang berlangsung atas undangan Presiden Jokowi ini merupakan lawatan perdana Anwar Ibrahim sejak ia dilantik sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia pada November 2022.

Tiba kemarin di Jakarta, PM Anwar Ibrahim turut didampingi Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Tengku Abdul Aziz, serta sejumlah beberapa pejabat dari kementerian dan lembaga terkait. Lawatan ke Indonesia akan berlangsung dua hari.

Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri Malaysia, PM Anwar Ibrahim dijadwalkan melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan yang rencananya dilakukan di Istana Bogor tersebut, Presiden Jokowi dan PM Anwar Ibrahim akan meninjau kemajuan kerja sama bilateral, menjajaki potensi kerja sama baru, dan mempromosikan upaya bersama untuk mengatasi tantangan regional dan global.

Sejumlah isu penting yang dibahas, yakni kerja sama ekonomi termasuk potensi investasi Malaysia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, demarkasi darat dan batas laut, ketenagakerjaan, dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Kedua pemimpin, menurut keterangan itu, juga akan bertukar pandangan tentang sejumlah isu regional dan global, khususnya terkait situasi di Myanmar dan upaya bersama untuk mengatasi diskriminasi terhadap minyak sawit, di mana Malaysia dan Indonesia merupakan pengekspor terbesar dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nota Kesepakatan

Anwar Ibrahim bersama Jokowi juga akan menyaksikan penyerahan 11 Letters of Interest (Lol) dari perusahaan Malaysia untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara oleh Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia kepada Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono.

Selain itu, total delapan Nota Kesepahaman (MoU) antara sektor swasta Malaysia dan Indonesia yang diperkirakan bernilai RM1,16 miliar atau sekitar Rp4,11 triliun turut ditandatangani di sela-sela kunjungan.

Memberikan kuliah umum tentang "Hubungan Strategis Malaysia-Indonesia" dan menghadiri sesi pertemuan dengan diaspora Malaysia di Jakarta juga masuk dalam agenda kunjungan PM Anwar Ibrahim selama berada di Jakarta.

3 dari 4 halaman

Diawali Kunjungan Menlu

Lawatan Anwar Ibrahim diawali oleh kunjungan Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir beserta delegasi ke Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (30/12/2022). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memberikan perhatian utama terhadap isu pelindungan warga negara Indonesia di Malaysia.

Presiden Jokowi berharap di bawah kepemimpinan PM Anwar Ibrahim sistem perekrutan pekerja migran Indonesia melalui sistem penempatan satu kanal atau one channel system (OCS) dapat berjalan baik.

"Di sinilah Menteri Luar Negeri Malaysia kembali menyampaikan komitmen mengenai pelindungan pekerja migran Indonesia di Malaysia," kata Menlu RI Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Jakarta.

 

4 dari 4 halaman

Mitra Dagang

Pada tahun 2021, Indonesia adalah mitra dagang global terbesar ketujuh Malaysia dan terbesar ketiga di antara negara-negara ASEAN dengan volume perdagangan RM95,31 miliar.

Dari Januari hingga November 2022, Indonesia merupakan mitra dagang global terbesar keenam dan terbesar kedua di antara negara-negara ASEAN dengan peningkatan volume perdagangan sebesar 41,7% yang melibatkan RM120,26 miliar.

Kunjungan PM Anwar Ibrahim sangat dinantikan oleh masyarakat di Indonesia, terutama menyoal reformasi kebijakan yang kemungkinan akan diperkenalkannya untuk mempererat hubungan Malaysia-Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.