Sukses

6 Hari Terlibat Bentrok, 10 Orang Tewas di Kashmir Selatan

Sekitar setengah juta tentara India dikerahkan di Kashmir dan bagian selatannya, Jammu.

Liputan6.com, Kashmir - Sepuluh orang telah tewas dalam waktu enam hari akibat aksi bentrok yang tiba-tiba meningkat di wilayah selatan Kashmir yang dikelola India -- meski masih berstatus disengketakan, kata para pejabat Senin (2/1/2023).

Kelompok pemberontak di wilayah Himalaya yang mayoritas Muslim selama beberapa dekade berjuang untuk kemerdekaan atau bergabung dengan Pakistan, dan menguasai sebagian kecil wilayah yang terbagi di kawasan tersebut.

Sekitar setengah juta tentara India dikerahkan di Kashmir dan bagian selatannya, Jammu.

Namun dua pria bersenjata yang diduga pemberontak anti-India menembaki rumah-rumah di desa terpencil Dangri pada Minggu 1 Januari 2023.

Aksi ini kemudian menyebabkan empat warga tewas dan lima lainnya luka-luka, kata polisi Mukesh Singh kepada wartawan, dikutip dari NST.com.my, Selasa (3/1/2023).

Polisi dan pasukan keamanan melancarkan perburuan di daerah dekat Garis Kontrol yang membagi Kashmir antara India dan Pakistan.

Pada Senin 2 Januari, seorang anak berusia tujuh tahun dan seorang lainnya tewas dalam ledakan di dekat salah satu rumah, kata petugas polisi lainnya kepada AFP tanpa menyebut nama.

Perangkat yang tidak meledak juga ditemukan di wilayah tersebut dan dinetralkan oleh pasukan spesialis, kata petugas.

Kematian tersebut terjadi setelah baku tembak antara pasukan pemerintah dan tersangka pemberontak di sebuah pos pemeriksaan di Kota Jammu.

Polisi mengatakan, empat tersangka pemberontak tewas sementara pengemudi truk mereka melarikan diri dan dalam pelarian.

Para pejabat mengatakan, sedikitnya 172 tersangka pemberontak dan 26 personel angkatan bersenjata tewas dalam pertempuran tahun lalu.

Kashmir India tidak memiliki pemerintahan terpilih selama lebih dari lima tahun dan dikendalikan langsung oleh New Delhi sejak 2019.

India secara teratur menyalahkan Pakistan karena mendukung para pemberontak, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Islamabad, dan mengatakan mereka hanya memberikan dukungan diplomatik untuk perjuangan Kashmir untuk hak menentukan nasib sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konflik Jammu-Kashmir

Jammu dan Kashmir adalah satu-satunya negara bagian berpenduduk mayoritas Muslim di India hingga Agustus 2019, ketika pemerintah federal mencabut otonominya dan membaginya menjadi dua wilayah terpisah. 

Empat orang yang tewas pada hari Minggu berasal dari komunitas minoritas Hindu di Kashmir yang mayoritas Muslim.

Selama setahun terakhir, beberapa umat Hindu di Kashmir telah tewas dalam serangan yang ditargetkan oleh militan, sehingga memicu ketakutan di masyarakat.

3 dari 4 halaman

Tersangka Pemberontak Tewas

Beberapa hari lalu, polisi di wilayah Kashmir yang dikuasai India mengatakan pasukan pemerintah menewaskan empat tersangka militan dalam baku tembak, Rabu (28/12).

Seorang perwira tinggi polisi, Mukesh Singh, mengatakan pasukan India mencegat sebuah truk di pinggiran kota Jammu, Rabu pagi (28/12) menyusul "pergerakan kendaraan itu yang tidak biasa" di jalan raya.

Ketika pasukan mulai menggeledah truk, tembakan datang dari dalam, yang dibalas oleh pasukan, sehingga terjadi baku tembak, kata Singh kepada wartawan.

Polisi mengatakan empat tersangka militan tewas dan pihak berwenang menemukan sedikitnya delapan senapan otomatis dan beberapa amunisi dari truk tersebut. Menurut polisi, pengemudi truk melarikan diri dan pencarian sedang dilakukan untuk menemukannya. Tidak ada konfirmasi independen atas dugaan baku tembak tersebut.

4 dari 4 halaman

Pemberontakan di Kashmir

Pemberontak di bagian Kashmir yang dikuasai India telah berperang melawan pemerintahan New Delhi sejak 1989. Sebagian besar Muslim Kashmir mendukung tujuan pemberontak untuk menyatukan wilayah tersebut, baik di bawah pemerintahan Pakistan atau sebagai negara merdeka tersendiri.

India menegaskan militansi Kashmir adalah terorisme yang disponsori Pakistan. Pakistan membantah tuduhan itu, dan sebagian besar warga Kashmir menganggapnya sebagai perjuangan kemerdekaan yang sah. Puluhan ribu warga sipil, pemberontak, dan anggota pasukan pemerintah tewas dalam konflik tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.