Sukses

Badai Salju di AS Kini Telah Tewaskan 60 Orang

Badai salju yang melanda Amerika Serikat telah menewaskan 60 orang.

Liputan6.com, New York - Korban tewas di kota Buffalo, New York, telah meningkat menjadi 28 orang, dengan ribuan orang masih tanpa listrik di tengah badai musim dingin yang dahsyat yang melanda Amerika Serikat bagian Utara.

Dilansir BBC, Rabu (28/12/2022), di seluruh AS, setidaknya 62 orang tewas dalam insiden terkait cuaca.

Di Buffalo, seorang pejabat negara mengatakan bahwa polisi militer dikerahkan untuk membantu mengatur lalu lintas di kota, di mana larangan mengemudi tetap diberlakukan.

Sementara aksi penjarahan telah dilaporkan di beberapa bagian kota selama keadaan darurat. 

Badai salju juga memaksa pembatalan ribuan penerbangan, termasuk sekitar 4.800 pada Selasa pagi saja. Ribuan penumpang telah terdampar di bandara di seluruh negeri.

Kondisi sekarang diperkirakan akan membaik, dengan sedikit hujan salju pada hari Selasa dan cuaca yang sedikit lebih hangat dalam perjalanan. 

Pada konferensi pers pada hari Selasa, pejabat di Erie County New York - yang mencakup Buffalo - mengatakan bahwa jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat saat operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut. 28 orang yang dipastikan tewas semuanya ada di Buffalo.

"Semua angka belum menyusul saat ini," kata Walikota Buffalo Byron Brown. "Kami tahu bahwa jumlah kabupaten [Erie] lebih besar."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Baru

Lebih dari 4.000 orang di daerah itu tetap tanpa listrik setelah badai, yang menurut Brown "mungkin" adalah yang terburuk dari sebagian besar kehidupan penduduk. 

Pada puncak badai, sekitar 20.000 orang akan berada dalam kondisi tanpa listrik.

Brown menambahkan bahwa telah terjadi "perbaikan" di kota, dengan sangat sedikit hujan salju dan tidak adanya kondisi pemadaman listrik yang memungkinkan pejabat "kemajuan yang signifikan" saat mereka membersihkan kendaraan dan memulihkan tenaga.

Namun, para pejabat memperingatkan bahwa suhu yang menghangat di wilayah tersebut dapat menimbulkan masalah tambahan, termasuk banjir saat salju mencair.

3 dari 4 halaman

Adanya Penjarahan

Mark Poloncarz, eksekutif Erie County di mana Buffalo berada, mengatakan bahwa 100 petugas polisi militer dan polisi negara tambahan dikerahkan untuk membantu mengendalikan lalu lintas di daerah tersebut, di mana kondisinya tetap "buruk" di banyak jalan lokal.

Komisaris Polisi Buffalo Joseph Gragmalia mengatakan bahwa penjarahan "masih berlangsung". Empat orang sejauh ini telah ditangkap.

"Ini bukan orang yang mencuri makanan, obat-obatan, dan popok," katanya. 

"Mereka menghancurkan toko. Mereka mencuri televisi, sofa, apa pun yang bisa mereka dapatkan. Mereka oportunis."

4 dari 4 halaman

Dukungan dari Pemerintah Pusat

Pada hari Senin, Presiden AS Joe Biden menyetujui deklarasi darurat yang memungkinkan dukungan federal untuk Negara Bagian New York. 

"Hati saya bersama mereka yang kehilangan orang yang dicintai pada liburan akhir pekan ini," tweetnya.

Negara bagian tetangga New Jersey juga mengirimkan layanan darurat ke negara bagian New York untuk memberikan bantuan lebih lanjut. Gubernur Negara Bagian Kathy Hochul, yang berasal dari Buffalo, menggambarkan badai tersebut sebagai "badai salju abad ini". 

"Ini [seperti] pergi ke zona perang, dan kendaraan di sepanjang sisi jalan sangat mengejutkan."

Pejabat di New York mengatakan bahwa personel darurat terpaksa pergi dari satu mobil ke mobil lain untuk mencari korban yang selamat dari badai, terkadang menemukan mayat di dalam mobil dan gundukan salju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.