Sukses

10 Orang Dilaporkan Hilang dalam Longsor Salju di Austria, Ditemukan Hampir 24 Jam Setelahnya

Longsor salju dilaporkan terjadi di Austria. Sejumlah orang kabarnya menghilang dalam peristiwa tersebut.

Liputan6.com, Zuers - Longsor salju dilaporkan terjadi di Austria. Sejumlah orang kabarnya menghilang dalam peristiwa tersebut.

Sejumlah laporan media, seperti juga dikutip dari VOA Indonesia, menyebutkan bahwa longsoran salju menyebabkan 10 orang hilang di wilayah Austria Barat pada Minggu 25 Desember 2022.

Sekitar 200 petugas penyelamat mencari orang-orang yang dikhawatirkan terkubur di bawah salju di dekat Kota Zuers, kata laporan yang beredar.

Longsor terjadi sekitar pukul 03.00 sore waktu setempat di Gunung Trittkopf setinggi 2.700 meter yang terletak antara Zuers dan Lech am Arlberg, di mana longsoran salju itu ikut menutup jalur ski terdekat di area tersebut.

Longsor itu terjadi setelah salju turun selama berhari-hari di wilayah pegunungan tinggi dan cuaca hangat di luar musimnya pada Hari Natal, kata Austria Press Agency, mengutip polisi setempat.

Badan Penyelamatan di gunung itu mengkategorikan longsor salju itu sebagai bahaya “tinggi.”

Pejabat setempat mengatakan satu orang dapat langsung ditemukan. Lampu-lampu sorot dipasang di tumpukan salju untuk melanjutkan pencarian ketika malam turun, sementara anjing-anjing pelacak dikerahkan untuk mencoba menemukan korban hilang.

Pencarian akan terus dilakukan "sepanjang malam jika perlu," kata direktur pariwisata Lech-Zuers Hermann Fercher dalam wawancara di televisi publik ORF Austria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditemukan Senin, 4 Orang Terluka

Laporan The Guardian menurut pihak berwenang menyebut, 10 orang yang awalnya dikhawatirkan terkubur di bawah salju setelah longsoran salju menyapu jalur ski di Austria barat telah ditemukan.

Pada Senin 26 Desember 2022 tepat sebelum pukul 01.00, polisi mengonfirmasi bahwa semua orang hilang telah ditemukan, lapor Austria Press Agency.

Pihak berwenang mengatakan empat orang terluka, termasuk seorang pria yang terkubur sebagian yang diselamatkan dan diterbangkan ke rumah sakit daerah Innsbruck dengan luka serius. Enam lainnya tidak terpengaruh oleh longsoran salju.

"Dapat diasumsikan bahwa tidak ada lagi orang yang hilang," kata pernyataan itu. Namun demikian, "pencarian keamanan akan dilakukan pada hari Senin untuk klarifikasi akhir".

3 dari 4 halaman

Helikopter dan 200 Tim Pencari

Longsor terjadi di gunung Trittkopf setinggi 2.700 meter (9.000 kaki) antara Zuers dan Lech am Arlberg, sekitar pukul 15.00 waktu setempat pada hari Minggu. Media lokal melaporkan bahwa beberapa helikopter dan tim pencari dikerahkan segera setelah itu.

Sekitar 200 orang terlibat dalam pencarian. Tim penyelamat menggunakan headlamp untuk melanjutkan pencarian setelah gelap, kata Badan Pers Austria.

 

4 dari 4 halaman

Lokasi Terbaik di Dunia

Lech/Zuers memasarkan dirinya sebagai "salah satu area ski terbaik di dunia" dan bagian dari tempat lahirnya ski Alpine.

Situs web resor mengatakan area ski ditutup pada pukul 17:00 pada hari Minggu dan akan ada pembaruan tentang ski pada pukul 08.00 pada hari Senin. Seorang juru bicara resor tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.