Sukses

Vladimir Putin Izinkan Mantan Napi Ikut Wajib Militer untuk Perang di Ukraina

Terpidana pembunuh dan pengedar narkoba yang baru-baru ini meninggalkan penjara di Rusia menghadapi wajib militer untuk berperang di Ukraina di bawah perubahan hukum.

Liputan6.com, Moskow - Terpidana pembunuh dan pengedar narkoba yang baru-baru ini meninggalkan penjara di Rusia menghadapi wajib militer untuk berperang di Ukraina di bawah perubahan hukum.

Presiden Vladimir Putin mengubah undang-undang tentang memanggil cadangan untuk memasukkan orang-orang yang dihukum karena kejahatan serius yang baru-baru ini meninggalkan penjara.

Mantan narapidana yang dihukum karena kejahatan seks terhadap anak-anak atau terorisme masih dikecualikan dari pelayanan.

Tentara Rusia telah dituduh melakukan kejahatan selama invasi Ukraina.

Komisi Penyelidikan Internasional Independen tentang Ukraina, yang dibentuk oleh PBB, melaporkan pada bulan September bahwa kejahatan perang telah dilakukan oleh pasukan Rusiatermasuk eksekusi mati warga sipil dan tindakan "kekerasan berbasis gender seksual" oleh "beberapa" tentara.

Ukraina sendiri mengatakan telah mengidentifikasi puluhan ribu kemungkinan kejahatan perang oleh pasukan Rusia.

Rusia membantah dengan sengaja menyerang warga sipil dan menuduh pasukan Ukraina menargetkan warga sipil di daerah-daerah yang dikuasai separatis di negara itu dengan artileri, yang dibantah Ukraina.

Komisi PBB mengatakan telah menemukan "dua contoh perlakuan buruk terhadap tentara Federasi Rusia oleh tentara Ukraina" tetapi jumlah tuduhan kejahatan perang terhadap Rusia "jelas jauh lebih besar".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Napi Gabung Militer, Jadi Tentara Bayaran

Pada bulan September, muncul laporan bahwakelompok tentara bayaran Wagner sedang merekrut tahanan untuk berperang di Ukrainadengan imbalan hukuman mereka dijatuhkan.

Hukum Rusia tidak mengizinkan pengurangan hukuman penjara dengan imbalan layanan tentara bayaran tetapi kepala Wagner Yevgeny Prigozhin difilmkan mengatakan kepada para tahanan "tidak ada yang kembali ke balik jeruji besi" jika mereka bertugas bersama kelompoknya.

Pada hari Jumat, Wagner membuka kantor pusat resmi pertamanya di Rusia, di kota St Petersburg.

Presiden Putin mengumumkan bahwa sekitar 49.000 dari sekitar 300.000 cadangan yang dipanggil sejak September telah dikerahkan ke unit-unit yang bertugas di Ukraina.

Dia mengatakan kepada sekelompok pria dan wanita muda dari gerakan yang dikendalikan Kremlin yang disebut Front Populer bahwa "sekitar 50.000" sukarelawan juga telah mendaftar.

 

3 dari 3 halaman

Kata Pakar

Pakar militer di Barat dan Ukraina mengatakan keputusan Putin untuk memanggil pasukan cadangan menunjukkan bahwa pasukan Rusia gagal total di medan perang di Ukraina.

Ribuan pria Rusia yang menentang perang telah melarikan diri dari negara itu sejak panggilan itu diumumkan.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, ribuan warga sipil dan kombatan telah terbunuh atau terluka, kota-kota telah dihancurkan dalam pertempuran, danhampir 7,8 juta orang Ukraina telah terdaftar sebagai pengungsi di Eropa, dengan 2,8 juta di antaranya di Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.