Sukses

Akui Bersalah Atas Gejolak Ekonomi Inggris, PM Liz Truss Minta Maaf

PM Inggris Liz Truss meminta maaf karena telah menyebabkan gejolak ekonomi Inggris.

Liputan6.com, London - Perdana Menteri Inggris Liz Truss meminta maaf atas kesalahan dalam programnya yang menyebabkan kepercayaan investor menguap dan peringkat jajak pendapatnya turun sebelum hampir semuanya akhirnya dihancurkan pada Senin (17 Oktober). Meski begitu, ia mengatakan bahwa dia tidak akan mundur.

"Saya ingin menerima tanggung jawab dan meminta maaf atas kesalahan yang telah dibuat," kata Truss kepada BBC.

"Saya ingin bertindak tetapi untuk membantu orang-orang dengan tagihan energi mereka untuk menangani masalah pajak yang tinggi, tetapi kami bertindak terlalu jauh dan terlalu cepat."

Dilansir Channel News Asia, Rabu (19/10/2022), Menteri Keuangan Jeremy Hunt, yang diangkat pada hari Jumat setelah Truss memecat sekutu dekatnya Kwasi Kwarteng, membuang papan utama yang tersisa dari agenda pemotongan pajaknya pada hari Senin, termasuk mengurangi skema dukungan energinya yang besar.

Setelah itu, Truss pun mengatakan bahwa ia akan bertanggung jawab atas kebijakan yang ia buat. 

"Akan sangat tidak bertanggung jawab bagi saya untuk tidak bertindak demi kepentingan nasional seperti yang saya lakukan," katanya.

"Benar bahwa kami mengubah kebijakan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Investor Tak Sesuai

Truss dan Kwarteng berusaha untuk menjungkirbalikkan kebijakan fiskal Inggris dengan meluncurkan £45 miliar pemotongan pajak yang tidak didanai bulan lalu untuk menghentikan ekonomi dari stagnasi.

Tetapi tanggapan dari investor obligasi sangat brutal dan biaya pinjaman melonjak. Pemberi pinjaman menarik penawaran hipotek dan Bank of England akhirnya harus turun tangan untuk menghentikan dana pensiun yang jatuh.

Ditanya tentang dampak kebijakannya, Truss mengatakan dia mengerti itu "sangat sulit" bagi masyarakat di negaranya, dan bahwa dia akan melakukan apa yang dia bisa untuk membantu mereka.

3 dari 4 halaman

Kemungkinan Akan Diberontak

Truss, yang menjadi pemimpin kurang dari enam minggu lalu, menghadapi kemungkinan pemberontakan dari anggota parlemennya segera minggu ini, menurut laporan.

Sebuah jajak pendapat baru pada hari Senin menunjukkan Partai Konservatif membuntuti Partai Buruh sekitar 36 persen, dan lima anggota parlemen Tory telah secara terbuka menyerukan pengunduran diri Truss.

“Mereka benar-benar ingin dipukul, terus terang, pada pemilihan berikutnya … Dan saya pikir itu akan menjadi pendorong besar untuk mengubah pemimpin dengan benar,” kata Associate Professor Rob Manwaring dari Sekolah Tinggi Bisnis, Pemerintahan dan Hukum di Universitas Flinders.

4 dari 4 halaman

Waktu Jabatannya Terbatas

Kesempatan Truss di kantornya terbatas karena partainya berjuang untuk mencari pengganti, setelah kehilangan kepercayaan dan kepercayaan dari komunitas bisnis dan ekonomi.

“Satu-satunya hal yang mungkin akan membuatnya tetap menjabat lebih lama, adalah sampai Konservatif dapat menjawab pertanyaan ini tentang siapa yang akan menjadi penerus yang jelas,” kata Assoc Prof Manwaring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.