Sukses

Kehadiran Putri Charlotte Jadi Sorotan di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Putri Charlotte menjadi sorotan di pemakaman Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, London - Putri Charlotte yang berusia 7 tahun menjadi sorotan netizen di Twitter dan menjadi trending topic pada proses pemakaman Ratu Elizabeth II, Senin (19/9/2022). Sang putri kecil datang bersama orang tua dan kakak lelakinya: Pangeran William, Putri Catherine (Kate Middleton), dan Pangeran George. 

Selama proses kebaktian berlangsung di Westminster Abbey, Putri Charlotte mengikuti proses dengan tenang, sama pula dengan kakaknya.  

Putri Charlotte berdiri di barisan depan di antara Putri Catherine dan pamannya, yakni Peter Phillips, yang merupakan putra dari Putri Anne. 

Ketika peti mati dibawa keluar Westminster Abbey, Putri Charlotte juga ikut mengikuti di belakang. 

Gelar Putri Charlotte saat ini adalah Putri Charlotte dari Wales. Ia merupakan putri satu-satunya dari Pangeran William, serta cucu dari Raja Charles III dan Diana.

Charlotte Elizabeth Diana saat ini berada di urutan tiga penerus kerajaan Inggris setelah nama ayahnya dan kakak lelakinya.

<p>Peti mati Ratu Elizabeth II. Para warga yang menanti bisa melihat dari sisi jalan. Dok: BBC</p>

Saat berita ini ditulis, peti mati Ratu Elizabeth II telah dibawa keluar Westminster dengan dikawal para anggota militer. Anggota militer dari negara-negara Persemakmuran juga ikut hadir. 

BBC melaporkan peti mati Ratu Elizabeth II menuju Wellington Arch. Rombongan melewati Parlemen Square dan Whitehall.

Warga yang telah lama menantikan pun mulai menyaksikan iring-iringan peti mati Ratu Elizabeth II yang berada di atas kereta yang ditarik para anggota Angkatan Laut Inggris. Para anggota keluarga kerajaan yang sudah dewasa seperti Pangeran William, Putri Anne, Pangeran Harry, dan Pangeran Edward terlihat ikut mengawal di belakang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sesuai Umur Ratu Elizabeth, Lonceng di Westminster Abbey Berdentang 96 Kali

Lonceng di Westminster Abbey berdentang 96 kali, menghitung tahun umur Ratu Elizabeth II.

Di dalam Westminster Abbey, dipenuhi dengan pasukan seragam, wajah-wajah terkenal dan sekelompok pejabat yang diantar ke bangku di bawah patung dan tugu peringatan.

Mengutip ABC News, lonceng Tenor Abbey berbunyi mulai 19 September 2022 pada pukul 09.24 pagi waktu London  dan akan dibunyikan satu menit sekali sampai upacara pemakaman ratu dimulai pada pukul 11.00 pagi.

Ratusan pelayat telah tiba di katedral Gotik untuk kebaktian. Mereka bergabung dengan bangsawan, kepala negara dan pemimpin politik dari seluruh dunia.

Anggota masyarakat yang diundang dalam prosesi tersebut termasuk perawat lama Nancy O'Neill, yang diakui atas usahanya dalam memerangi COVID-19, dan Pranav Bhanot, yang membantu memberikan 1.200 makanan gratis selama pandemi.

Setelah itu, prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan melewati jalan-jalan kota. Peti mati dibawa dengan kereta meriam negara saat menuju Kastil Windsor untuk dimakamkan.

Pihak berwenang London mengatakan hampir tiga jam sebelum prosesi bahwa semua area tontonan publik sudah penuh.

Secara global, jutaan orang diperkirakan akan melihat liputan upacara di Westminster Abbey, tempat Elizabeth menikah dengan Pangeran Philip dan penobatannya.

Ini akan menjadi pemakaman pertama bagi seorang pemimpin monarki Inggris yang diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18, dan untuk pertama kalinya kamera akan diizinkan di dalam upacara pemakaman untuk seorang pemimpin monarki Inggris.

3 dari 4 halaman

Jadwal Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Senin 19 September 2022

Berikut ini jadwal pemakaman Ratu Elizabeth II, bersama dengan rincian perkiraan kegiatannya, dikutip dari Time, Kamis (18/9): 

06.30 pagi (12.30 WIB): Pintu Westminster Hall di House of Parliament, tempat Ratu Elizabeth II disemayamkan, ditutup untuk publik.

10.44 (16.44 WIB): Prosesi pemakaman kerajaan berangkat dari Istana Westminster ke Westminster Abbey. Kereta meriam negara akan membawa peti mati Ratu Elizabeth II, ditemani oleh musisi seperti band marinir kerajaan, dan jalurnya akan dipagari oleh anggota angkatan laut kerajaan dan marinir kerajaan. Anggota keluarga kerajaan, termasuk Raja Charles III dan Pangeran William, akan mengikuti di belakang kereta.

10.52 (16:52 WIB): Peti mati Ratu Elizabeth II tiba di gerbang Westminster Abbey dan dibawa ke dalam.

11.00 (17.00 WIB): Upacara dimulai, dipimpin oleh Dean of Westminster David Hoyle, dan akan mencakup pembacaan doa oleh para pemimpin politik dan agama termasuk Perdana Menteri Inggris yang baru Liz Truss.

11.55 (17.55 WIB): Ada dua menit keheningan di dalam Biara dan di seluruh Inggris.

Siang: Prosesi pemakaman kenegaraan berakhir dengan reveille, lagu kebangsaan Inggris (“God Save the King”), dan permainan pipe. Peti mati akan melanjutkan prosesi lain melalui jalan-jalan London ketika Big Ben berdenting terus menerus.

4 dari 4 halaman

Prosesi Pemakaman Kenegaraan Siang Hari ke Liang Lahat

13.00 (19.00 WIB): Peti mati tiba di Wellington Arch di London, lalu dimuat ke dalam mobil jenazah. Dari sini, keluarga kerajaan berangkat ke Kastil Windsor, yang berjarak sekitar 20 mil sebelah barat Istana Buckingham.

15.06 (21.06 WIB): Mobil jenazah negara bagian tiba di Windsor, di mana ia akan bergabung dengan prosesi menuju Albert Road. Raja dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan berjalan kaki menuju Kapel St. George kira-kira tiga puluh menit kemudian.

16.00 (22.00 WIB): The Committal Service dimulai di Kapel St. George, dipimpin oleh Dean of Windso dan diakhiri dengan berkat dari Uskup Agung Canterbury.

19.30 (01.30 WIB, 20 September): Ratu Elizabeth II dimakamkan dalam upacara pribadi di King George VI Memorial Chapel di Kastil Windsor. Dia akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.