Sukses

Serangan Kedua Rudal Israel, Bandara Aleppo Tak Berfungsi dan Terpaksa Ditutup

Tidak ada laporan segera tentang cedera dalam serangan terbaru di bandara Aleppo, Suriah. Laporan media Suriah mengatakan ledakan keras terdengar di daerah itu.

Liputan6.com, Aleppo - Suriah pada Selasa 6 September 2022 malam menuduh Israel menyerang Bandara Internasional Aleppo di Suriah utara. Hal itu mengakibatkan bandara tidak beroperasi untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari seminggu.

Rabu malam 31 Agustus 2022 lalu, serangan udara yang dikaitkan dengan Israel menargetkan landasan pacu bandara dan sistem navigasi radio. Serangan udara berturut-turut malam itu juga menghantam sistem navigasi serupa di Bandara Internasional Damaskus, dekat ibu kota Suriah.

Kantor berita SANA yang dikelola pemerintah mengatakan bahwa serangan Selasa akibat jet Israel meluncurkan sejumlah rudal dari atas Laut Mediterania di bandara di Suriah utara, menyebabkan kerusakan pada landasan pacu dan memaksanya ditutup sampai diperbaiki.

SANA menambahkan bahwa pertahanan udara Suriah berhasil mencegat beberapa rudal masuk yang diluncurkan oleh jet Israel. Suriah secara teratur mengklaim untuk mencegat rudal Israel, meskipun analis militer meragukan pernyataan tersebut.

Tidak ada laporan segera tentang cedera dalam serangan terbaru. Laporan media Suriah mengatakan ledakan keras terdengar di daerah itu.

Kementerian Perhubungan Suriah mengumumkan bahwa semua penerbangan dialihkan ke bandara Damaskus, karena bandara Aleppo "tidak berfungsi" setelah serangan udara tersebut.

Sebuah citra satelit yang diambil Jumat menunjukkan bahwa perbaikan landasan pacu di bandara setelah kerusakan dalam serangan Rabu 31 Agustus telah selesai.

Sebuah sistem navigasi radio, di selatan landasan pacu, yang digunakan untuk membantu pesawat tetap berada di jalurnya, juga rusak dalam serangan minggu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bandara Aleppo, Target Serangan Israel yang Tidak Biasa

Suriah, seperti banyak negara Timur Tengah, memiliki bandara penggunaan ganda yang mencakup sisi sipil dan militer.

Aleppo adalah kota besar di Suriah utara, dekat perbatasannya dengan Turki, dan merupakan target yang tidak biasa - meskipun belum pernah terjadi sebelumnya - untuk serangan udara Israel yang dilaporkan.

Pada hari Kamis 1 September, Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad mengeluarkan peringatan keras kepada Israel atas serangan udara tersebut. Dia mengatakan Israel “bermain dengan api” dan mempertaruhkan konflik militer yang lebih luas.

Militer Israel sejauh ini belum mengomentari serangan spesifik di Suriah, tetapi telah mengakui melakukan ratusan serangan mendadak terhadap kelompok-kelompok yang didukung Iran yang berusaha untuk mendapatkan pijakan di negara itu. Dikatakan juga menyerang pengiriman senjata yang diyakini ditujukan untuk kelompok-kelompok itu, terutama di antara mereka Hizbullah Lebanon.

Awal tahun ini, serangan udara yang dikaitkan dengan Israel menyebabkan kerusakan besar pada Bandara Internasional Damaskus, menghentikan semua lalu lintas udara selama dua minggu.

Umumnya, senjata yang relatif besar diperkirakan diselundupkan melalui Suriah dengan maskapai kargo Iran, yang sering mendarat di Damaskus International dan pangkalan udara Tiyas, atau T-4, di luar kota Palmyra, Suriah tengah.

Persenjataan itu kemudian diyakini disimpan di gudang-gudang di daerah itu sebelum diangkut dengan truk ke Lebanon.

3 dari 4 halaman

Serangan Juni Lalu

Pada bulan Juni lalu, Israel juga meluncurkan serangan rudal ke bandara Damaskus sehingga bandara tersebut tidak beroperasi selama dua minggu. 

Serangan ini terhitung sebagai serangan kedua sejak Juni ketika serangan udara Israel di landasan pacu membuatnya tidak dapat digunakan selama dua pekan.

Sebuah sumber diplomatik regional mengatakan serangan itu menandai pergeseran penargetan Israel. “Mereka mulai menyerang infrastruktur yang digunakan oleh Iran untuk pasokan amunisi ke Lebanon,” kata sumber itu.

4 dari 4 halaman

Militer AS Akui Serang Fasilitas Iran di Suriah, Ini Alasannya

Sebelumnya, militer AS pada Selasa 23 Agustus 2022 malam mengatakan pihaknya melakukan serangan terhadap “fasilitas infrastruktur yang digunakan kelompok-kelompok yang terkait dengan Korps Garda Revolusioner Iran (IRGC)” di bagian timur Suriah.

"Sasaran dari serangan udara yang dilancarkan oleh pasukan militer Amerika Serikat di Suriah pada awal minggu ini adalah fasilitas penting bagi kelompok yang terkait dengan Iran yang beroperasi di negara itu," demikian menurut para pakar seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (26/8/2022).

Direktur Komunikasi Komando Pusat AS Kolonel Joe Buccino dalam sebuah pernyataan mengatakan "serangan hari ini diperlukan untuk melindungi dan membela personel Amerika. Amerika Serikat mengambil tindakan proporsional dan disengaja untuk membatasi risiko eskalasi dan meminimalkan risiko jatuhnya korban."

Pejabat Amerika itu menambahkan serangan udara di Provinsi Deir el-Zour dilakukan untuk melindungi pasukan Amerika Serikat dari serangan, termasuk satu serangan pada 15 Agustus lalu di bagian timur Suriah yang menurut AS melibatkan pesawat nirawak yang menarget kompleks yang dioperasikan pasukan Amerika dan pejuang oposisi Suriah yang didukung oleh Amerika.

Pihak militer tidak mengatakan apakah ada korban jiwa dalam serangan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.