Sukses

Mengenal Burung Grebe, Satu-satunya Binatang Terberat yang Bisa Jalan di Atas Air

Dengan menggunakan kaki mereka yang besar dan langkah cepat, burung Western dan Clark Grebe atau dikenal sebagai burung grebe dapat berlari sejauh 20 meter di atas ai.

Liputan6.com, Jakarta - Dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (30/8/2022), burung Western dan Clark grebe atau dikenal sebagai burung grebe dapat berlari sejauh 20 meter di atas air dengan menggunakan kaki mereka yang besar dan langkah cepat. Kemampuan ini menjadikan mereka satu-satunya burung sekaligus hewan terberat di Bumi yang mampu melakukannya.

Hanya sedikit makhluk hidup yang diketahui mampu berjalan atau berlari di atas air.

Sebagian besar dari mereka adalah serangga kecil, tetapi ada juga seekor basilisk kecil -- sejenis reptil dari legenda Eropa -- tetapi yang terbesar dari mereka semua adalah dua spesies burung - Western dan Clark grebe.

Mereka dapat berlari di atas air hingga 7 detik dan jarak sekitar 20 menit dalam musim perkawinannya yang mengagumkan.

Tidak seperti laba-laba dan serangga yang mengandalkan kerangka tubuh mereka yang sangat ringan untuk menempel di permukaan air, Western dan Clark grebe mengandalkan keuntungan unik lainnya untuk berlari di atas air.

Burung-burung ini biasanya memiliki berat antara satu setengah hingga empat pon atau hampir setara dengan dua kilogram, sehingga membuat mereka cukup berat daripada hewan lain yang mampu berjalan di atas air. Bahkan, mereka adalah hewan terberat yang mampu melakukan hal luar biasa ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penemuan Ilmuwan yang Mengagumkan

Selama bertahun-tahun, kemampuan Western dan Clark grebe untuk tetap mengapung dengan jarak yang cukup jauh saat mereka berlari di atas air, tidak diketahui para ahli.

Kemudian, pada tahun 2015, tim ilmuwan Amerika menganalisis rekaman yang direkam menggunakan kamera berkecepatan tinggi untuk mencoba dan memahami bagaimana burung-burung itu menggerakkan kaki mereka.

Mereka menemukan bahwa burung grebes mengandalkan kaki besar dan langkah yang sangat cepat untuk melakukan keajaiban kecil mereka.

Spesimen dari kedua spesies burung ini menggunakan kaki mereka yang lebar dan bercabang untuk menampar permukaan air, yang menghasilkan sekitar setengah kekuatan yang dibutuhkan untuk melawan berat badan mereka. 

Cara mereka mengangkat kaki mereka keluar dari air juga membantu mengurangi gesekan. Tapi ini saja tidak cukup. Burung grebes juga mampu menggerakkan kaki mereka dengan kecepatan yang sangat tinggi, hingga 20 langkah per detik.

 

 

3 dari 4 halaman

Terjadi saat Musim Kawin Saja

Baik Western maupun Clark grebe hanya melakukan water run, yang juga dikenal dengan istilah 'rushing', selama musim kawin mereka, yang berarti para ilmuwan tidak bisa begitu saja membawa spesimen ke laboratorium dan meminta mereka mengulangi ritual tersebut.

Karena sejauh ini aktivitas berlari di air hanya dianalisis di alam liar, menggunakan rekaman video, beberapa misteri masih tetap ada di sekitar cara burung grebe menggunakan kaki mereka di bawah air.

Meskipun 7 detik berlari di atas air mungkin tampak tidak terlalu lama, namun sebenarnya sangat mengesankan untuk burung yang besar dan berat seperti burung grebe, dan beberapa ilmuwan menyebut kemampuan mereka sebagai semacam keajaiban.

Setelah dianggap sebagai spesies yang sama, Western dan Clark grebe hampir identik dan karakteristik unik yang dimiliki masing-masing sangat halus sehingga hanya pecinta burung yang berpengalaman yang dapat membedakannya.

4 dari 4 halaman

7 Makhluk Ini Bisa Berjalan di Atas Air

Di dunia ini tidak ada orang yang mampu berjalan di atas air. Kalaupun ada, hanya orang-orang yang memiliki kemampuan hebat saja seperti cerita-cerita dalam film atau memiliki trik khusus agar mampu membuatnya berjalan di atas air dan tidak tenggelam.

Namun di dunia binatang, tercatat ada beberapa spesies yang memiliki kemampuan seperti layaknya seorang ninja atau shinobi. Tidak hanya berjalan, beberapa spesis ini bahkan bisa melakukan seperti berlari.

Berikut 7 binatang yang bisa berjalan di atas air yang dirangkum dari laman Oddee.

Selengkapnya klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.