Sukses

Mentimun 113,4 Cm Ini Pecahkan Rekor jadi yang Terpanjang di Dunia

Seorang petani di Inggris berhasil menanam mentimun terpanjang di dunia.

Liputan6.com, London - Pada 25 Agustus 2022 lalu seorang tukang kebun amatir di Inggris menggegerkan dunia karena memecahkan Rekor Dunia Guinness dengan hasil tanamannya, mentimun besar berukuran 3 kaki dan  8,6 inci sekitar 113,4 cm.

Guinness World Records sendiri mengatakan Sebastian Suski, yang berasal dari Polandia dan sekarang tinggal di Southampton, Inggris, memperoleh rekor mentimun terpanjang ketika sayuran yang dipanennya dipastikan lebih panjang 2,5 inci (sekitar 6,35 cm) dari pemegang rekor sebelumnya.

Dikutip dari laman UPI, Minggu (28/8/2022) mentimun terpanjang ini adalah spesimen Cucumis sativus dan tumbuh di polytunnel. Sementara gelombang panas yang beberapa waktu lalu di Inggris berdampak keras pada hasil pertanian, Sebastian telah berhasil memelihara tanamannya dan menghasilkan mentimun terpanjang, dengan panjang 113,4 cm.

"Saya menanam mentimun besar tetapi tidak pernah cukup panjang untuk mengalahkan pemegang gelar Guinness World Records yang ada," kata Suski kepada Guinness World Records.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama Sayuran Masuk Rekor Dunia

Ini bukan satu-satunya sayuran yang memecahkan rekor dunia! Tahun lalu di Kejuaraan Sayuran Raksasa, serangkaian sayuran menjadi terkenal karena ukurannya yang unik. 

Terong seberat 3,12 kilogram memecahkan rekor terong terberat. Bukan itu saja, daun bawang sepanjang 136 sentimeter mengambil gelar daun bawang terpanjang. Daun bawang dianggap "hampir cukup tinggi untuk naik rollercoaster".

3 dari 4 halaman

Banyak Resiko yang dihadapi

"Menanam mentimun super panjang adalah bisnis yang berisiko," katanya. "Jika Anda memotong terlalu cepat, Anda tidak akan memiliki pemecah rekor, tetapi jika Anda membiarkannya terlalu lama, Anda masuk ke zona bahaya. Anda berisiko membusuk mentimun saat tumbuh - Anda tidak menginginkannya. meledak padamu!"

Suski juga mengatakan dia hampir kehilangan rekor ketika dia harus dirawat di rumah sakit saat menanam sayuran besar.

"Dokter menemukan pembuluh darah bocor di kepala saya dan saya menghabiskan seminggu di rumah sakit. Tapi untungnya istri saya, Renata, ada di tangan untuk merawat mentimun dan memberinya air dan nutrisi yang baik. Tanpa Renata, saya tidak akan' tidak memiliki rekor ini," katanya.

4 dari 4 halaman

Sayuran Unik telah Menjadi Tren

Beberapa waktu lalu sayuran-sayuran unik telah menjadi tren, seperti buah semangka dengan bentuk kotak, maupun bentuk hati. Ternyat buah-buah seperti memunyai harga yang lebih mahal dari pada bentuk aslinya.

Bahkan harganya naik hingga berkali-kali lipat, hal tersebut dikarenakan pembuatannya harus dilakukan dengan teknik yang lebih rumit.

Buah unik seperti ini nyatanya mendunia dan banyak orang-orang yang membeli dan memesan buah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.