Sukses

Momen Mendebarkan Pria Tangkap Balita Jatuh dari Lantai 6, Bikin Deg-degan

Liputan6.com, Tongxiang - Bicara tentang naluri kebapakan. Pada 19 Juli 2022, seorang pria di Kota Tongxiang Provinsi Zhejiang di China – diidentifikasi sebagai staf bank berusia 31 tahun bernama Shen Dong – menyelamatkan seorang balita yang jatuh dari ketinggian.

Mengutip Channel News Asia (CNA), Dalam sebuah video yang dibagikan oleh Zhao Lijian, wakil direktur Departemen Informasi Kementerian Luar Negeri China, di Twitter, dengan judul yang diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi "Pahlawan di antara kita", Shen terlihat berlari menuju dekat gedung dengan seorang wanita saat berbicara di telepon.

Meski sempat terpeleset sesaat, ia melempar ponselnya ke samping dan berhasil menangkap balita yang terlihat terjatuh dari lantai enam gedung tersebut.

Klip 13 detik yang diposting Zhao pada 22 Juli mengumpulkan lebih dari 11.800 likes, dengan komentator memberi hormat kepada Shen atas kepahlawanannya atau memanggilnya dan si wanita tak dikenal sebagai "malaikat".

Yang lain berusaha melihat sisi yang lebih ringan setelah menonton video yang bisa dibilang menegangkan, seperti salah satu pengguna Twitter yang menyindir: "Dapatkan kontrak pria itu (Liga Sepak Bola Nasional). Saya tahu beberapa tim yang membutuhkan umpan balik yang bagus."

Menurut laporan media lokal, balita itu jatuh dari lantai enam blok apartemen setelah naik ke bangku. Dia mendarat di teras baja di lantai pertama, lalu jatuh lagi dan ditangkap Shen. Bikin deg-degan.

Berikut ini rekaman detik-detik mendebarkan proses penangkapan sang balita:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Syukurlah Selamat, Sang Balita Dipulangkan dari RS

Shen sedang memarkir mobilnya ketika dia mendengar bunyi gedebuk dari kejatuhan pertama dan sedang menelepon dengan layanan darurat sebelum anak itu meluncur dari atap, mendorongnya untuk membuang teleponnya ke samping untuk menangkap si bocah.

"Saya percaya bahwa siapa pun bisa maju untuk menangkap gadis itu," kata Shen kepada media lokal. “Saya ada di sana pada waktu yang tepat.”

“Gadis itu bernama Xinxin. Secara kebetulan, putri saya juga dipanggil Xinxin. Bahkan karakternya sama. ”

Syukurlah, anak itu selamat dari kejatuhan dramatis dengan cedera pada kaki dan paru-parunya, tetapi sebaliknya justru baik-baik saja. Shen sendiri tidak terluka dalam penyelamatan tersebut, yang ia kaitkan dengan "berolahraga secara teratur".

Balita itu menerima perawatan untuk luka-lukanya di Tongxiang Second People's Hospital dan dipulangkan pada hari yang sama.

Shen memberi tahu Qianjiang Evening News: "Itu hanya naluri untuk menjangkau dia. Beruntung saya berhasil tepat waktu."

3 dari 4 halaman

Aksi Heroik Pria di China Tangkap Balita Jatuh dari Lantai 5

Seorang balita di Shandong, China, nyaris meninggal akibat terjatuh dari lantai lima tempat tinggalnya. Beruntung sejumlah tetangga melihat si bocah dan berhasil menangkapnya.

Peristiwa nahas itu terjadi pada 14 Mei di sebuah flat di China. Seperti dikutip dari Asia One, Jumat (18/5/2018), si bocah dilaporkan secara tak sengaja mengunci kamar setelah neneknya keluar untuk minum di ruang tamu.

Bocah berusia 2,5 tahun itu kemudian memanjat jendela luar tempat tinggalnya yang berada di lantai lima. Ia lalu terjatuh dan tersangkut di mesin pendingin ruangan.

Mendengar tangisan dan teriakan, mantan prajurit berusia 28 tahun, Liu Yangming, dan ayahnya bergegas keluar dari rumah untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Liu lalu mendapati bocah tergantung di unit pendingin udara di bawah jendela.

Liu bergegas masuk ke gedung, lalu mengetuk sejumlah pintu rumah, berharap ada penghuni yang mengizinkannya masuk untuk menyelamatkan bocah itu.

Liu dan sang ayah berhasil masuk ke unit warga yang tinggal di lantai dua, kemudian memanjat jendela dan berdiri di pijakan sempit untuk bersiap menangkap si balita.

Saat bocah itu jatuh, ayah Liu gagal menangkapnya.

Untungnya, Liu berhasil meraih salah satu kaki anak itu sebelum jatuh ke tanah. Lalu dengan cepat menariknya ke tempat aman.

Adegan mendebarkan ini terjadi dalam rentang beberapa detik.

Begitu bocah itu diselamatkan, orang-orang berada di tempat kejadian menghela napas lega.

Video klip aksi penyelamatan si balita kemudian beredar di media sosial. Netizen China pun memuji tindakan heroik Liu.

4 dari 4 halaman

Tangkap Bocah Jatuh dari Lantai Dua, Imigran Bak Pahlawan Diberi Rp 482 Ribu

Seorang bocah berusia dua tahun jatuh dari lantai dua tempat tinggalnya. Beruntung, seorang pemuda berhasil menangkapnya yang lolos dari jendela apartemen di Turki.

Rekaman dramatis dari CCTV, seperti dikutip dari Euronews, Jumat (28/6/2019), terlihat seorang detik-detik balita Suriah, Doha Muhammed ditangkap oleh seorang imigran Aljazair berusia 17 tahun bernama Feuzi Zabaat. Di mana sang penyelamat sudah menyadari bocah itu akan jatuh dari jendela rumahnya di Distrik Fatih, Istanbul.

Zabaat, yang bekerja di tempat pembuatan bingkai di jalan yang sama, memposisikan dirinya di bawah jendela apartemen lantai dua. Ia lalu menangkap balita tersebut sebelum dia jatuh ke tanah.

Balita Muhammed selamat tanpa cedera.

Penyelamatnya mengatakan dia melakukan apa yang harus dia lakukan untuk menyelamatkan gadis itu.

"Aku menangkap anak itu sebelum dia jatuh ke tanah. Aku melakukan apa yang diperlukan untuk cinta Allah," ujar Zabaat.

Menurut media setempat, bocah itu mendekati jendela apartemen yang terbuka saat ibunya sedang memasak di dapur.

Keluarga Muhammed memuji Zabaat sebagai pahlawan dan memberinya 200 Lira Turki (30 Euro) sekitar Rp 482 ribu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS