Sukses

Penyebab Bau Mulut dan 5 Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Bau mulut atau juga dikenal sebagai halitosis mempengaruhi 1 dari 4 orang di seluruh dunia.

Tentu sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut Anda dan menjaga mulut Anda terhidrasi karena dapat menyebabkan situasi yang tidak nyaman.

Anda dapat menggunakan beberapa pengobatan alami di rumah untuk menjaga nafas tetap segar, tetapi jika ini merupakan masalah yang terus menerus terjadi, maka disarankan untuk mengunjungi dokter gigi.

Dilansir dari laman Bright Side, Senin (23/5/2022), berikut adalah sejumlah penyebab bau mulut dan cara mengatasinya:

1. Membersihkan Kotoran di Amandel

Batu amandel adalah gumpalan putih kecil yang terletak di amandel Anda. Mereka hampir tidak terlihat karena tersembunyi di dalam. Hal ini menyebabkan bau mulut karena mereka menarik bakteri dan terbuat dari mikroba.

Beberapa cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan obat kumur bebas zat, berkumur dengan cuka sari apel, berkumur dengan air hangat dengan campuran garam, dan menggunakan flosser air bertekanan rendah yang dapat membantu menghentikan pembentukan bakteri.

2. Tidak Melewatkan Sarapan

Makan sarapan benar-benar adalah makanan terpenting bagi tubuh Anda, termasuk napas Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa remaja yang tidak sarapan menderita bau mulut lebih banyak daripada mereka yang melakukannya.

Sangat penting untuk makan sarapan sehat yang rendah gula, seperti selada, apel , yogurt, susu, dan semua jenis makanan kaya serat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Nafas Lewat Hidung

Bernapas dari mulut Anda dapat menyebabkan bau mulut kronis karena menahan produksi air liur. Itulah mengapa bernapas dari hidung adalah pilihan yang lebih cerdas, karena membantu membangun kelembapan di udara yang Anda hirup.

Namun, itu juga memiliki efek samping lain yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut Anda. Ini dapat menyebabkan penyakit gusi, menyebabkan stres dan kecemasan, dan membuat rahang Anda lebih kecil. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa bahkan anak-anak dapat menderita bau mulut jika mereka bernapas melalui mulut.

4. Minum Air Putih setelah Makan Makanan Berbau

Makan makanan yang kuat dapat menyebabkan bau mulut karena bahan kimianya mengalir melalui aliran darah ke paru-paru dan, sebagai hasilnya, keluar melalui napas. Namun, selalu ada solusi untuk bau mulut jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi makanan tersebut.

3 dari 4 halaman

5. Membersihkan Plak Gigi

Meskipun mengunjungi dokter gigi untuk masalah plak Anda bermanfaat, mungkin hanya berguna sementara karena bakteri selalu bisa masuk saat kita makan dan minum.

Itulah mengapa flossing bisa menjadi cara yang baik untuk menghilangkan plak dari gigi Anda dan mencegah bau mulut — ini membantu menghilangkan semua partikel yang tersangkut di antara gigi Anda. Cobalah untuk mempertimbangkan berkumur juga, karena ini dapat menghilangkan bakteri.

Selain itu, ada beberapa makanan yang harus kamu hindari agar tidak mengalami bau mulut ini. Makanan penyebab bau mulut ini mungkin saja sering kamu konsumsi, sehingga bau mulut tak pernah hilang. Berikut beberapa makanan penyebab bau mulut:

Bawang

Bawang merah dan bawang putih merupakan makanan penyebab bau mulut yang sangat terkenal. Hal ini disebabkan oleh sulfur yang bisa masuk ke aliran darah setelah makan dan keluar melalui paru-paru. Ini yang membuat seseorang bisa merasakan bau bawang pada nafas dan tubuhnya selama berhari-hari setelah memakannya.

Tomat

Tomat bersifat asam di mana bakteri penghasil bau tumbuh subur di lingkungan yang asam. Keasaman dari tomat dapat menyebabkan penumpukan asam di mulut dan menumbuhkan bakteri. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan asam seperti saus tomat dalam jumlah berlebihan. Setelah mengonsumsi tomat, sebaiknya minum air putih segera untuk mengendalikan bakteri di dalam mulut.

4 dari 4 halaman

Kopi

Kopi dan produk olahan yang mengandung kopi atau kafein juga berpotensi menimbulkan bau mulut. Kopi memiliki efek pengeringan pada mulut, yang mengurangi aliran air liur dan memungkinkan bakteri penyebab bau mulut tumbuh. Air liur berperan membilas bakteri dari mulut. Mulut kering adalah salah satu faktor risiko bau mulut karena mendorong pertumbuhan bakteri di mulut.

Ikan

Ikan, terutama ikan yang dikemas dalam kaleng dapat menyebabkan bau mulut. Menyimpan ikan di lingkungan logam gelap meningkatkan oksidasi, suatu proses yang mengarah pada produksi senyawa berbau yang kurang menyenangkan. Bau ini bisa menempel di mulut, memberi bau amis yang tidak menyenangkan. Ikan juga tinggi protein, di mana protein dapat menyebabkan bau mulut.

Daging merah

Daging merah dikemas dengan protein, yang terbuat dari asam amino. Mirip dengan susu, nutrisi ini bereaksi dengan bakteri. Tetapi karena daging merah memiliki lebih banyak protein daripada susu dan keju, masakan daging merah bisa menghasilkan lebih banyak senyawa sulfur yang menyebabkan bau mulut parah.

Selai kacang

Selai kacang juga merupakan sumber protein yang tinggi. Konsistensinya yang lengket membuatnya sulit bagi air liur untuk memecah protein begitu mereka berada di mulut. Ini membuat selai kacang bisa bertahan di dalam mulut selama beberapa waktu. Bakteri berkembang dengan baik pada protein, sehingga kelimpahan yang disediakan oleh selai kacang membuatnya menjadi penyebab utama bau mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.