Sukses

Ukraina Usaha Cari Sanksi yang Bisa Hancurkan Ekonomi Rusia

Ukraina kini tengah berupaya untuk memberikan sanksi terhadap ekonomi Rusia.

Liputan6.com, Kiev - Ukraina menginginkan sanksi yang cukup merusak secara ekonomi bagi Rusia untuk mengakhiri perangnya setelah menuduh beberapa negara masih memprioritaskan uang daripada hukuman atas pembunuhan warga sipil yang dikutuk Barat sebagai kejahatan perang.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis (7/4/2022), dunia demokrasi harus menolak minyak Rusia dan sepenuhnya memblokir bank-bank Rusia dari sistem keuangan internasional, kata Presiden Volodymyr Zelenskyy dalam pidato video hariannya pada Kamis (6/4) pagi.

Invasi Rusia selama enam minggu telah memaksa lebih dari 4 juta orang melarikan diri ke luar negeri, membunuh atau melukai ribuan orang, menyebabkan seperempat populasi kehilangan tempat tinggal, mengubah kota menjadi puing-puing dan mendorong banyak pembatasan Barat pada elit Rusia dan ekonomi.

Washington pada hari Rabu mengumumkan tindakan seperti sanksi terhadap dua putri dewasa Presiden Vladimir Putin, beberapa hari setelah penemuan warga sipil ditembak mati dari jarak dekat di Bucha, utara Kiev, ketika direbut kembali dari pasukan Rusia.

Amerika Serikat juga menginginkan Rusia dikeluarkan dari forum G20 dan akan memboikot sejumlah pertemuan G20 di Indonesia jika pejabat Rusia muncul.

Namun kepala kantor kepresidenan Ukraina Andriy Yermak mengatakan Rabu malam bahwa sekutunya harus melangkah lebih jauh.

"Sanksi terhadap Rusia harus cukup menghancurkan bagi kita untuk mengakhiri perang yang mengerikan ini," katanya.

"Tujuan saya adalah untuk memberlakukan embargo pada pasokan teknologi, peralatan, mineral dan bijih ke Rusia dan dengan demikian menghentikan produksi senjata di Rusia."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keraguan Eropa

Diplomat Uni Eropa gagal menyetujui sanksi baru pada hari Rabu, karena masalah teknis perlu ditangani, termasuk apakah larangan batubara akan mempengaruhi kontrak yang ada.

Anggota Uni Eropa Hungaria mengatakan pihaknya siap untuk memenuhi permintaan Rusia untuk membayar rubel untuk gasnya, melanggar peringkat dengan sisa blok dan menyoroti ketergantungan benua pada impor yang telah menahannya dari tanggapan yang lebih keras terhadap Kremlin.

Para pembuat kebijakan Barat mengecam pembunuhan di Bucha sebagai kejahatan perang, dan pejabat Ukraina mengatakan kuburan massal di dekat sebuah gereja di sana berisi antara 150 dan 300 jasad.

Moskow membantah menargetkan warga sipil di sana atau di tempat lain. Kementerian luar negeri Rusia mengatakan bahwa gambar jasad di Bucha dipentaskan untuk membenarkan lebih banyak sanksi terhadap Moskow dan menggagalkan pembicaraan damai dengan Kiev.

Rusia mengatakan mereka terlibat dalam "operasi militer khusus" yang dirancang untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" Ukraina. Ukraina dan pemerintah Barat menolak itu sebagai dalih palsu untuk invasinya.

3 dari 3 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.