Sukses

Jadi Penengah di Invasi Rusia, Presiden Erdogan Jamin Keamanan di Ukraina

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berusaha menjadi penengah di konflik Rusia-Ukraina.

Liputan6.com, Kiev - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengaku mendapat dukungan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Keduanya sempat bicara di telepon usai negosiasi Rusia-Ukraina di Istanbul pada pekan ini. 

"Kami berbicara dengan sangat spesifik, terutama tentang prospek-prospek negosiasi di Turki dengan Federasi Rusia. Dan juga tentang pembuatan sistem efektif untuk menjamin negara kami," ujar Zelensky dalam pidatonya, dikutip situs pemerintah Ukraina, Ukrinform, Jumat (1/4/2022).

"Saya bersyukur atas kesiapan Turki untuk menjadi penjamin keamanan bagi Ukraina," lanjut Presiden Zelensky. 

Posisi strategis Turki memang sangat rentan di tengah invasi Rusia, pasalnya Turki punya hubungan dagang yang baik dengan kedua negara.

Daily Sabah melaporkan transaksi dagang Turki dengan dua negara tersebut mencapai rekor terbaru pada tahun lalu. Transaksi dengan Rusia mencapai US$ 34,7 miliar dan dengan Ukraina sebesar US$ 7,4 miliar.

Turki telah mengirim bantuan drone dan bantuan kemanusiaan ke Ukraina, tetapi masih enggan mendukung sanksi ke Rusia

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari Bantuan Internasional

Presiden Zelensky masih mencari dukungan internasional untuk melawan invasi Rusia. Baru-baru ini, ia berbicara kepada parlemen Australia, Belanda, dan Belgium.

"Saya merasakan dukungan penuh. Saya menunggu langkah-langkah konkrit. Saya meminta sanksi-sanksi yang yang lebih keras terhadap Rusia. Kita harus menekan kepada agresor hingga agresi itu berakhir," ujarnya.

Terkait situasi perang, Zelensky menyorot bahwa daerah Donbas, Mariupol, dan Kharkiv masih mengkhawatirkan. Rusia dituduh sedang mengakumulasi potensi untuk serangan kuat.

Zelensky juga menyebut Rusia sebagai sosok chimera atau monster berkepala singa, bertubuh kambing, dan berekor ular.

"Kita akan melakukan segala yang kita bisa untuk menghentikan para penjajah dan membersihkan negeri kita dari kejahatan dan chimera bodoh mereka," kata Presiden Ukraina.

3 dari 3 halaman

Infografis Invasi Rusia:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.