Sukses

NATO Tambah Pasukan di 4 Negara di Tengah Invasi Rusia

Liputan6.com, Brusel - NATO menambah pasukan mereka di empat negara di timur Eropa. Langkah ini diambil di tengah agresi Rusia kepada Ukraina.

Dilansir BBC, Kamis (24/3/2022), keputusan penambahan besar-besaran pasukan itu akan disetujui oleh para pemimpin NATO pada rapat darurat.

Sekjen NATO, Jens Stoltenberg, berkata empat battlegroup akan dikirim ke Slovakia, Hungaria, Bulgaria, dan Rumania. Keempat negara itu dulunya adalah bekas blok Uni Soviet.

Invasi saat ini dimulai karena Rusia mengaku terancam jika Ukraina bergabung ke NATO. Rusia menolak jika NATO melakukan ekspansi ke timur Eropa.

Pada Kamis ini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga dijadwalkan mengunjungi markas NATO di Brusel.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

G20: Presiden Rusia Vladimir Putin Ingin Datang ke Indonesia

Duta Besar Rusia Lyudmila Vorobieva berkata Presiden Vladimir Putin ingin datang ke Indonesia untuk menghadiri G20. Namun, ada beberapa catatan.

"Itu akan tergantung kepada banyak sekali hal terkait situasinya," ujar Dubes Rusia dalam konferensi pers, Rabu (23/3).

Ketika ditanya media apakah Presiden Vladimir Putin ingin datang, Dubes Rusia membenarkan hal itu.

"Dia ingin datang," ujarnya.

Dubes Rusia pun mengingatkan bahwa pokok dari G20 adalah meningkatkan situasi ekonomi. Ia berkata keterlibatan Rusia juga sesuai slogan G20 di Indonesia, yakni Recover Together, Recover Stronger.

Saat ini, Rusia sedang melancarkan invasi ke Ukraina. Sejauh ini, ada 117 anak yang tewas, dan kondisi Rusia terhantam sanksi-sanksi ekonomi.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Invasi Rusia: